Berbeda namun Tetap Sehati



Perbedaan…apa makna dari perbedaan? Yang jelas bukan persamaan ya ga? Hehehe… menurut saya bukan perkara yang mudah untuk menyikapi suatu perbedaan baik itu di lingkungan keluarga, tempat tinggal, tempat kerja, sekolah, kampus dan lain – lain. Tidak jarang juga perbedaan itu menimbulkan konflik atau perpecahan. Tapi kalau kita bisa menyikapinya dengan baik justru kita akan menemukan dan merasakan keindahan dalam perbedaan itu. Tidak sedikit persahabatan atau pasangan justru disatukan karena perbedaan itu sendiri. Buat saya sendiri perbedaan itu indah karena kalau semua sama ya ga rame, bakal flat. Sementara life is never flat, ya ga? :)
Tempat tinggal saya sekarang dan juga tempat kerja bisa dibilang terdiri dari berbagai suku dan juga ras. Sekitaran tempat tinggal saya banyak masyarakat etnis Tionghoa dan saya biasa manggil mereka dengan sebutan koko dan chichi. Saya banyak belajar dari mereka terutama dalam hal berbisnis dan gaya hidup. Mereka pintar sekali dalam mengelola keuangan bisnisnya, mereka juga pintar dalam urusan berhitung tanpa menggunakan mesin penghitung padahal mereka usianya sudah lanjut. Begitu juga dengan gaya hidupnya yang suka sekali olahraga. Setiap saya ke tempat umum yang digunakan untuk olahraga saya selalu melihat mereka olahraga. Bahkan diusianya yang tidak muda lagi mereka masih rajin olahraga. Makanya tidak heran kalau mereka di usia senja masih sehat bugar. 


Di tempat saya kerja juga ada beberapa yang berasal dari daerah yang berbeda. Diantaranya Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Palembang, Medan, Jambi bahkan ada NTB. Saya yang notabene masih kurang piknik :) saya selalu senang kalau berbincang dengan mereka terutama bahas keanekaragaman budaya, adat dan juga tradisi disana. Dari mereka saya banyak tahu keadaan disana. Dan disitulah saya suka merasa bangga menjadi rakyat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan kebudayaan. 

Selain berbeda dari suku dan juga kebudayaan, saya juga sama teman kerja ada perbedaan dari segi umur. Ya karena di itempat kerja orangnya kadang silih berganti ada yang keluar dan ada juga yang baru lagi. Jadi ya otomatis saya sering berganti teman atau partner kerja. Dan tidak sedikit diantara teman – teman saya itu usianya masih muda – muda. Tentunya hal ini menjadi tantangan sendiri buat saya saat bekerja karena setidaknya saya harus menyesuaikan dengan mereka yang usianya relative masih muda dengan gaya bahasa dan juga pola pikir yang pastinya berbeda dengan saya yang terpaut usia jauh. Hal ini supaya suasana dan juga lingkungan kerja menjadi lebih nyaman, tetap kondusif dan juga sehatea. Karena suasana nyaman saat bekerja akan membawa suasana hati yang indah juga tentunya menjadi lebih nyaman. 


Selalu menjaga suasana kerja yang nyaman ini menjadi point penting buat saya karena akan menjadikan motivasi tersendiri supaya kerja lebih semangat lagi. Dan hal lain yang tak kalah penting dalam menjaga suasana di tempat kerja supaya tidak membosankan adalah dengan makan ataupun minum bareng dengan teman disela – sela rutinitas kerja. Karena dengan begitu akan menjadikan kita selalu saling menghargai dan mengasihi sesama. Dan tentunya hal ini bisa dijadikan cara untuk tetap menjaga kesehatan jiwa kita.
Selain itu yang tak kalah penting dalam menjaga suasana kerja adalah selalu menjaga kesehatan kita masing – masing. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk tetap mejaga kesehatan tubuh kita, bisa dengan olah raga yang teratur, selalu makan makanan yang sehat dan bergizi, dan tetap menjalankan pola hidup sehat. Selain makanan yang harus kita jaga, minuman juga harus kita jaga, karena sekarang banyak sekali minuman yang kurang baik untuk dikonsumsi yang tentunya akan berpengaruh pada kesehatan kita nantinya. 


Hal kecil yang menjadi pilihan saya untuk tetap menjaga keseimbangan itu adalah dengan minum teh, terutama teh hijau. Karena minum teh dengan teman disela rutinitas dan kesibukan bisa lebih mendekatkan kita dan juga lebih akrab. Dan teh hijau yang saya pilih adalah teh hijau kepala jenggot. Kenapa teh hijau kepala jenggot? Seperti kita ketahui kalau teh hijau itu banyak menafaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Teh hijau dikenal dengan rasanya yang nikmat dan khas sehingga akan memberikan sensasi rileks dan juga tenang buat yang minumnya. Teh hijau terkenal dengan kandungan antioksidant yang cukup tinggi dimana tentunya hal ini sangat bagus untuk tubuh  kita dalam menangkal radikal bebas. Dan ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kanker, penuaan dini, Parkinson dan lain – lain. Teh hijau juga dipercaya dapat menurunkan berat badan lebih, hal ini karena teh hijau mampu membakar lemak lebih banyak.
Selain itu teh hijau kepala jenggot juga mampu meningkatkan kemampuan fungsi otak,   karena mengandung kafein dimana kandungannya tidak terlalu tinggi. Kafein dalam jumlah rendah dapat meningkatkan konsentrasi otak dan juga dapat meningkatkan kinerja neurotransmitter seperti norepinefrin dan dopamine. Dimana hal ini akan membuat kemampuan reflex otak menjadi lebih baik. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya dari teh hijau kepala jenggot ini. Tentunya dikonsumsi dalam batas normal ya.
Itulah cerita yang bisa saya bagikan, bagaimanapun perbedaan tidaklah membuat kita jadi terpecah belah tapi justru membuat kita lebih dekat dan sehatea. Meskipun berbeda tapi sehatea  bisa menjadikan kita lebih akrab dan tentunya membuat sausana lebih nyaman. Dengan begitu pekerjaan yang terasa berat juga akan terasa ringan dan selesai sesuai harapan kalau dikerjakan dengan teman kerja yang #sehatea dengan kita.
Bagaimana cerita persahabatan teman – teman yang berbeda namun tetap #sehatea? Tentunya lebih indah daripada cerita saya kan? Ayo kita sharing boleh tulis dikomentar atau biar lebih seru tulis di blog teman – teman juga ya biar bisa jadi inspirasi buat banyak orang ya ga? Ok saya tunggu ya :)



 post signature

Comments

  1. Perbedaan akan jauh lebih bermakna jika kita bisa menghargainya.

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget nge-teh dibanding ngopi. Hehehe. Nah, bener banget, teman yang #sehatea memang orang yang bisa ngerti di setiap keadaan ya, teh.

    ReplyDelete

Post a Comment