Liburan Sambil Silaturahmi




Saat paling ceria buat anak – anak ya pastinya saat liburan ya ga? Pastinya semua anak senang kalau saatnya liburan tiba. Inget jaman saya dulu masih sekolah seneng banget kalau liburan ya begitu juga dengan anak – anak saya ga jauh beda pastinya. Saya selalu mengambil cuti saat mau liburan. Jadi bisa leluasa ngatur waktunya. Kasian anak – anak kan kalau mereka liburan eh saya malah kerja ga seru kan kalau begitu. 


Biar mereka senang dan ceria saya selalu menawarkan pada anak – anak mau liburan kemana. Tapi saya ga kasih pilihan banyak juga seh ya antara ke rumah kakek dan neneknya atau cukup di Bandung paling jalan – kalan ke tempat main yang ada di sekitar Bandung.  Biar mereka menikmati masa liburannya. Mereka juga kan perlu refreshing. Hal yang wajar pastinya soalnya sehari – hari mereka sekolah dan belajar. Terlebih mereka baru saja mengikuti ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester. Makanya saat liburan adalah saat yang ditunggu – tunggu. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan anak – anak. Bisa dengan pergi ke tempat hiburan bisa juga pergi ke tempat keluarga di luar kota misalnya ke rumah nenek dan kakek ataupun ke rumah saudara. Kalau anak – anak saya liburan biasanya ke rumah nenek sama kakeknya yang berada di Ciamis – Jawa Barat. Selain memang saya juga jarang ke rumah orangtua karena waktunya tidak leluasa karena kerja, makanya saat liburan anak – anak saya sekalian kesana juga buat silaturahmi. Selain kakek sama neneknya yang tinggal disana, kakak saya juga ada yang tinggal disana. Kalau liburan mereka selalu meminta anak – anak buat kesana. 


Rumah orangtua saya letaknya di pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota, suasana pedesaan masih kental disana. Udara pegunungan disana masih sejuk belum terkena polusi. Sawah – sawah masih banyak disana karena mayoritas mata pencaharian penduduknya sebagai petani. Tapi meskipun begitu Ciamis sekarang beda banget sama jaman saya sekolah dulu, ya secara saya tinggal disana cuma sampai Sekolah Menengah Pertama ajah.  Kemudian saya melanjutkan sekolah ke kota kembang hingga saya kerja dan sampai sekarang tinggal di Bandung bersama keluarga kecil saya. Ciamis sekarang sudah banyak perkembangan dan kemajuannya. Tempat rekreasi di Ciamis sekarang sudah banyak termasuk di sekitar tempat tinggal saya. 


Tempat yang dulunya hutan sekarang sudah berubah menjadi tempat rekreasi yang menarik dan ramai. Sekarang disana sudah ada kolam renang dengan nama Kolam Renang Cipangalun – Ciamis. Sesuai nama tempatnya Cipangaluan. Airnya memang bukanlah air panas seperti halnya di tempat lain. Airnya dingin asli dari pegunungan jadi terasa banget sejuknya, kalau renangnya pagi banget ya pastinya masih dingin makanya kalau mau terasa hangat agak siangan berenangnya setelah jam 10 pagi jadi terasa hangat karena langsung di bawah sinar matahari. Dan kebetulan anak – anak saya sangat suka berenang jadi kalau ke Ciamis pasti minta berenang kesana. Mereka selalu asik dan senang kalau berenang kesana karena banyak pilihan tempatnya, ada permainannya juga seperti ember tumpah, air mancur dan juga perosotan. Tempatnya juga cukup luas ada untuk anak – anak dan juga dewasa. Selain itu disana disediakan juga yang berjualan makanan kalau tidak bawa bekal dari rumah tinggal beli saja disana. Kita juga bisa sambil menikmati suasana pegunungan karena cukup jelas terlihat dari sana. 



Saat liburan saya sebagai ibu dari dua orang anak yang jaraknya cukup dekat pastinya saya harus selalu siap sedia obat – obatan saat liburan. Apa lagi ke rumah orangtua saya yang terbilang cukup jauh ke tempat – tempat umum seperti pelayanan kesehatan ataupun apotek. Saat liburan kesana saya selalu bawa obat – obatan untuk anak – anak seperti obat panas, obat batuk pilek dan juga kayu putih ataupun minyak angin. Ya karena perjalanan ke Ciamis tidaklah dekat jadi saya harus antisipasi segalanya terutama untuk anak – anak. Masuk angin dan demam merupakan yang rentan sekali terhadap anak – anak kalau perjalanan jauh. Untuk itu saya harus selalu sedia obat panas kemana – mana. Saya selalu ingat anjuran dari dokter anak, di rumah atau saat kita pergi harus selalu bawa obat anak – anak terutama obat penurun panas. Karena panas pada anak itu bisa terjadi kapan dan dimana saja.

Banyak pilihan obat panas untuk anak sekarang yang bisa kita dapatkan di apotek atau tempat pelayanan kesehatan. Dan pilihan saya untuk penurun panas anak – anak ya Tempra. Tempra merupakan obat penurun panas untuk anak – anak dari Taisho. Tempra mengandung paracetamol yang bekerja secara langsung di pusat panas, yang aman dan tidak menimbulkan iritasi pada lambung. Paracetamol ini bekerja sebagai antipiretika pada pusat pengaturan suhu di otak. Tempra juga dipercaya secara turun temurun dan sangat direkomendasikan untuk anak – anak. Jadi di tas saya selalu sedia Tempra untuk antisipasi dan jaga – jaga kalau anak – anak panas saat liburan. Jadi saya tidak khawatir lagi saat anak panas saya langsung kasih Tempra dan pastinya dosisnya sesuai dengan anjuran ya.

"Kenapa pilih Tempra?" 

Karena Tempra Cepat Menurunkan Demam





Selain sebagai obat penurun panas, Tempra juga sebagai analgetika atau anti nyeri yang bekerja dengan meningkatkan ambang rasa sakit. Misalnya saat sakit kepala, sakit gigi dan juga saat demam setelah anak di imunisasi. 

Tempra ada beberapa jenis diantaranya :

  • Tempra Drops , tempra drops ini untuk anak usia dibawah 2 tahun.

  • Tempra Syirup, tempra syirup digunakan untuk anak usia 1 sampai dengan 6 tahun. Komposisi Tempra syrup ini setiap 5 ml Tempra mengandung 160 mg paracetamol.

  • Tempra Forte, tempra forte ini biasanya digunakan untuk anak usia di atas 6 tahun.

Dosis Tempra
Untuk dosis sebaiknya sesuai dengan anjuran dari dokter. Sebagai gambaran untuk Tempra syirup, pada anak usia 2 – 3 tahun sebanyak 5 ml, anak usia 4 – 5 tahun sebanyak 7.5 ml, dan untuk anak usia 6 – 8 tahun sebanyak 10 ml atau bisa juga dengan Tempra Forte. Didalam kemasan tersedia gelas takar yang dilengkapi dengan dosis yang tepat didalamnya. 

Sebagai peringatan neh untuk para orangtua, bila masih panas masih berlanjut setelah 2 hari sebaiknya segera hubungi dokter atau segera bawa ke tempat pelayanan kesehatan


Nah beberapa bulan lagi menjelang liburan anak – anak neh ayo rencanakan dari sekarang mau kemana jangan sampai liburan anak dilewatkan begitu saja. Anak – anak juga perilu refreshing ya sebagimana halnya kita. Kita perlu untuk cuti dan liburan dari pekerjaan supaya tidak penat ya ga? Ya anak – anak juga sama, makanya saat liburan anak – anak harus selalu ceria supaya saat masuk lagi sekolah nanti mereka gembira dan punya cerita untuk dibagi ke teman – temannya. Dan jangan lupa saat liburan selalu bawa persiapan untuk anak – anak terutama obat – obatan.




"Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho."
post signature

Comments

  1. Waah, sama. Kami juga memilih pulanh kampung kalo liburan

    ReplyDelete
  2. duuhh... mesti dingin banget ya berenang di kolam renang pegunungan. Bisa menggigil tuh.. hihihi.. Semoga sehat selalu yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pagi dingin mba, udah siang mah ga bisa anget karna langsung mensa sinar matahari :)

      Delete
  3. duh padi menghijau jadi kangen kampung halaman

    ReplyDelete
  4. Tempatnya sepi ya teh, enak jadinya berasa kolam renang milik sendiri hihi.. Sehat selalu ya adik-adik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kebetulan kita kepagian datengnya kd masih sepi, kalo udh siang mah rame apa lagi kalo hari raya, mksh yaaa udh mampir :)

      Delete
  5. Baca ini pas khalif lagi batpil. Kasian ya teh klo anak sakit, nggak tega liatnya. Nanti cobain tempra ah, skrg masih pake obat dr dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet sehat yaa de khalif, iya teh kalo anak sakit kita jadi kebawa stress :(

      Delete
  6. Andalan banget pake Tempra buat nurunin demam.
    Kedua anakku suka rasa anggur.

    Manis seger katanya...😋😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya anak2 mah sukanya obat yg berasa :)sehat slalau anak2nya, amin

      Delete
  7. Tosa teeh sama2 pake tempra buat andalan demam anak. Btw belum pernah nih jalan2 ke ciamis semoga kapan2 bisa juga jalan2 ke sana ehehe

    ReplyDelete
  8. Udah lama banget gak kesini, jadi kangen mama ya.. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya loe udh lama ga kesana hayu atuh maen :))

      Delete
  9. Teteh dari Ciamis ya.. saya kalau mudik pasti lewat Ciamis, suka numpang sholat di Masjid Agungnya.

    Btw Tempra cocok di keluarga saya juga, andalan ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masjid agung nya memang pinggir bgt jalan raya temen jg suka pd mampir kalo mau mudik :)

      Delete
  10. Waahhh serunya pulkam dan bisa liburan di sana. Saya belum pernah ke sana, kayaknya seru juga ya mak. Masukin list destinasi liburan. Hehehe

    Semoga selalu sehat mak Nunk dan keluarga. :*

    ReplyDelete
  11. Ihhiy..asyik ya mbak. Biar sekali jalan ^_^
    Semoga keluarga sehat selalu ya mbak..

    ReplyDelete
  12. amin... iya mba jaid selain liburan juga silaturahmi, mksh yaa mba :)

    ReplyDelete
  13. iya ya obat demam harus selalu sedia saat berpergian dg anak

    ReplyDelete
  14. Kampung halaman tak pernah absen jadi pilihan saat liburan ya... pengin liburan juga..

    ReplyDelete
  15. Kapan kita bisa liburan bareng nih mbak :) wajib bgt ya bawa obat buat persediaan apalagi punya balita

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mba seru kayanya ya :) kapan ya hehe

      Delete
  16. Kampungnya masih asri banget yaa duhh aku jadi pengen pulkam hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba dari kota lumayan jauh jadi masih bebas polusi ya kadang ada juga kendaraan yg lewat karna rumah orangtua saya pinggir jalan banget, tapi selebihnya masih kerasa suasana pedesaanya :)

      Delete
  17. He..he.. meni sunda pisan ah si Teteh mah. Btw, nice post, happy blogging & keep posting. Wilujeng tepang nya Teh. Haturnuhun.

    ReplyDelete
  18. ngeliatnya jadi berasa dinginnya :)

    ReplyDelete
  19. liburan sama keluarga itu memang paling menyenangkan ya mak..apalagi sama anak istri hihihi..klo saya biasaya weekend always liburan kalao pas ada rizky :D

    ReplyDelete
  20. wih pasti dingin banget ya mbak, berenang di daerah pegunungan. Bisa menggigil lama ntar.

    ReplyDelete
  21. seru bngt kyk tuh berlibur sambil bersilaturahmi

    ReplyDelete

Post a Comment