Manfaat Sarapan untuk Kesehatan




Hallo selamat pagi, selamat beraktivitas yaa, gimana sudahkah kita sarapan hari ini? Anak – anak kita udah saapan? Sarapan itu penting untuk kesehatan, terlebih untuk anak – anak kita yang masih sekolah. Mereka perlu sekali sarapan sebelum berangkat ke sekolah. Mereka mau menerima ilmu dan belajar jadi perutnya juga harus diisi terlebih dulu untuk energi dan juga kesehatannya. Mereka perlu nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhannya. 

Menu sarapan mau bentuknya seperti apa itu kembali ke selera masing – masing dan kreativitas ibu – ibu. Buat yang tidak terbiasa makan pagi bisa juga sarapan dengan roti, oatmeal, kue tau bisa juga bubur.  Dan yang sekarang sedang ngetrend adalah sarapan buah. Apapun bentuk sarapannya intinya perut kita terisi sebelum beraktivitas. Seperti halnya kendaraan, sebelum kita pakai pastinya kita isi terlebih dulu bensinnya kan, begitu juga dengan tubuh kita sebelum beraktivitas pastinya harus diisi dulu. 



Sarapan itu banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan kita, nah apa saja manfaatnya, secara garis besar manfaat sarapan diantaranya : 

  • Sumber Energi

Energi itu penting untuk tubuh kita dalam beraktivitas, coba bayangkan kalau ga ada energi apa kita bisa berktivitas? Kalau kita sedang shaum itu beda lagi seh ya selain itu kan kita makan sahur dulu. Untuk beraktivitas sepanjang hari kita perlu energi terlebih dahulu, ya itu dengan sarapan, sarapan dengan nutrisi yang baik akan mencukupi tubuh kita akan kebutuhan nutrisi di pagi hari. Sesibuk apapun usahakan sarapan terlebih dahulu. Sumber enegi bisa kita dapatkan dari karbohidrat dan juga protein, nah bentuknya mau seperti apa kembali ke selera masing – masing ya sekarang banyak sekali olahan makanan untuk mencukupi kebutuhan enegri kita. 

  • Mengontrol berat badan dan diet

Nah good news neh buat yang sedang diet dan selalu khawatir akan berat badannya, tapi sebenernya wajar ajah yang khawatir akan berat badan dan selalu waspada karena sebetulnya itu bukan hanya tujuan untuk diet ajah. Memperhatikan berat badan sangat baik juga untuk kesehatan. Karena beberapa penyakit bisa dipicu oleh kelebihan berat badan. Nah dengan sarapan kita bisa mengontrol berat badan dan juga diet, koq bisa? Menurut beberapa penelitian sarapan dapat membantu dalam program diet, karena dengan mengisi perut di pagi hari maka hal ini akan menekan nafsu makan secara berlebih saat kita lapar di siang hari. Coba kita kalau tidak sarapan pastinya saat siang hari perut sangat terasa lapar dimana hal ini akan menyebabkan kita tidak bisa mengontrol nafsu makan secara berlebih karena rasa lapar yang berlebih. Dengan sarapan terlebih dahulu saat siang hari perut tidak akan terasa lapar yang berlebihan dan pastinya nafsu makan juga ga akan berlebihan. 



  • Mengontrol kebutuhan gizi

Sata kita sarapan pastinya kita memikirkan juga yang namanya nutrisi ya ga? misalnya nasi, susu, roti, kue telur atau juga buah – buahan yang tentunya mengandung beberapa kandungan gizi,. Coba kalau kita tidak sarapan pastinya saat lapar kita akan memakan apa saja yang ada dimana tentunya kita tidak pernah berpikir apakah itu ada kandungan gizinya atau tidak, yang ada dalam pikiran kita adalah memenuhi rasa lapar.

  • Mengatur metabolisme dalam tubuh

Saat kita tertidur malam hari, tubuh kita istirahat dari dari berbagai aktivitas sehari – hari termasuk juga dalam aktivitas mengkonsumsi makanan. Dimana saat kita terbangun di pagi hari kadar gula darah dalam tubuh kita akan menurun secara drastis. Kalau kita tidak sarapan kebutuhan gula darah kita akan mengambil cadangan dari bagian tubuh lain seperti lapisan otot dan liver dimana hal ini akan menyebabkan metabolisme di dalam tubuh tidak seimbang yang nantinya akan mengakibatkan gangguan kesehatan seperti maag atau keluhan dalam lambung. Dengan sarapan kebutuhan gula darah kita akan terpenuhi yang tentunya tidak perlu mengambil cadangan dari bagian lain. Dan tentunya tidak akan ada keluhan atau gangguan kesehatan juga seperti maag dan lain – lain.

  • Meningkatkan konsentrasi

Saya masih ingat apa yang ibu saya bilang sewaktu kecil kalau saya mau menghadapi ujian, saya selalu dianjurkan untuk tidur lebih awal dan dan bangun di pagi hari bahkan shubuh untuk belajar. Karena otak akan lebih konsentrasi saat pagi hari ketimbang malam hari. Ya otak akan lebih konsentrai saat pagi hari dimana tentunya hal ini memerlukan asupan nutrisi juga dan yang akan menutrisinya adalah dengan sarapan pagi hari. Sarapan merupakan bahan bakar untuk otak dalam bekerja. Beberapa hasil penelitian juga mengatakan bahwa sarapan dapat membantu otak lebih berkonsentrasi dan juga berpikir. Coba kita rasakan saat tidak sarapan apakah kita bisa berpikir dengan baik, jangankan untuk konsentrasi yang ada adalah ingin cepat makan karena lapar, ya ga?  Dan tidak jarang juga kita akan merasa ngantuk saat lapar. 



  • Bisa memperbaiki mood

Adakah yang moodi? Saya juga termasuk salah satunya hehehe. Menurut beberapa penelitian orang  yang sarapan dulu moodnya akan lebih baik dibanding dengan yang tidak sarapan. Dengan kita sarapan itu akan memperbaiki mood kita. Nah marilah kita sarapn dulu biar moodnya bagus dan hehe. 

  • Untuk kesehatan tubuh

Sarapan tidak hanya bermanfaat untuk jangka pendek, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan dalam jangka panjang. Sarapan merupakan salah satu faktor yang bisa mendukung kesehatan kita untuk jangka panjang dalam artian sampai tua nanti. Beberapa penyakit degeneratif seperti diabetes melitus, jantung maupuan obesitas bisa dicegah dengan sarapan. Sebagian secara garis besarnya telah saya singgung tadi diatas ya.

  • Sarapan sangat baik untuk anak – anak

Sarapan sangat baik untuk anak – anak terutama yang sedang dalam usia sekolah. Mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan dan juga menerima segala bentuk informasi termasuk pelajaran dari sekolah tentunya memerlukan konsentrasi yang baik supaya otaknya dapat menerima dan menyerap apa yang disampaikan.  Seperti telah saya singgung di atas bahwa sarapan bisi membuat otak lebih berkonsentrasi. Dengan sarapan terlebih dahulu mereka bisa lebih konsentrasi saat sedang belajar. Otak juga akan lebih fokus dalam hal daya tangkapnya.
Selain itu aktivitas mereka juga banyak di sekolah, seperti olah raga, kegiatan kesenian maupaun ekstrakurikuler tentunya mereka perlu asupan energi dan juga nutrisi saat pagi hari sebelum sekolah. 



Dan inilah manfaat sarapan untuk anak sekolah secara garis besar :

  • Anak akan lebih bersemangat saat pergi ke sekolah

  • Anak tidak akan jajan sembarangan di sekolah karena lapar

  • Kebutuhan gizi dan nutrisi akan terpenuhi dengan sarapan

  • Sarapan bisa mendukung anak lebih cerdas

  • Sarapan mendukung kreativitas anak dalam mengembangkan dirinya


Berikut adalah tips sarapan pagi
Begitu besarnya manfaat sarapan untuk kesehatan dan untuk lebih mengoptimalkan sarapan kita, ini sedikit tips sarapan. Sarapan itu tidak harus yang mahal – mahal tapi yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi, berikut adalah tips sarapan :

  • Sarapanlah dengan makan makanan yang rendah lemak

  • Hindari makanan yang belemak tinggi

  • Sarapanlah dengan yang tinggi protein seperti telur dan juga susu

  • Sarapan juga bisa dengan makanan yang berserat seperti buah dan sayuran

  • Makanlah dengan porsi yang sedang karena terlalu banyak juga tidak baik, ingat ini bukan makan siang lho ya hehe

  • Dan inilah beberapa nutrisi yang bisa kita makan saat sarapan pagi : susu, telur, roti, sayuran dan juga nasi. Nasinya dalam porsi kecil yaa.


Itulah beberapa manfaat sarapan untuk kesehatan tubuh kita, untuk anak – anak kita. Dan untuk keluarga kita. Banyak sekali ya manfaatnya. Makanya ayo biasakan sarapan terlebih dahulu sebelum beraktivitas dan menyambut hari baru dengan semangat baru. Awali hari kita dengan hidup sehat dan energi yang cukup untuk beraktivitas. 

Sumber Referensi : di ambil dari berbagai sumber 
post signature

Comments

  1. Keluarga kami juga terbiasa sarapan pagi. Ternyata manfaatnya besar ya...

    Terima kasih sharingnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus mba kalau udh terbiasa, ok sama2 mba :)

      Delete
  2. Kalau semasa sekolah dulu. saya gak biasa sarapan rutin. Kalau sarapan suka sakit perut kenapa ya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba temen saya juga ada yang kaya gitu, bisa diakalin dengan makanan lain mba :)

      Delete
  3. artikel yng bermanfaat
    sarapan memang sangat penting
    salam sehat amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas, mksh juga udh berkunjung :) salam sehat juga, semoga kita sehat selalu, amin

      Delete
  4. kalo sarapan jam 10, itu masih di itung sarapan atau makan siang ya?
    saya biasa makan pagi jam 10

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu di atas sarapan dan di bawah makan siang :)

      Delete
  5. sarapan itu bagusnya jam berapa ya?

    ReplyDelete
  6. Dulu, tiap mau berangkat ke sekolah selalu dipaksa buat sarapan oleh bapak sama ibu. Sekarang aku baru tahu kalau sarapan itu punya segudang manfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga dulu gitu mas, betul banyak bgt manfaatnya :)

      Delete
  7. Thanks.
    Kalau di keluarga biasanya sudah ada jadwal buat sarapan pagi, karena emang ngaruh banget buat beraktivitas sehari-hari.

    ReplyDelete
  8. sarapan ya? wah manfaat nya banyak banget ternyata :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banyak banget mas :) mari biasakan sarapan :)

      Delete
  9. pusing kalau gak sarapan aku mah

    ReplyDelete
  10. tes komen mbak ,tadi masuk ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk koq mba, yg belum masuk transeferannya ajh hehe

      Delete
  11. sarapan oh sarapan...
    tidak sarapan juga jadi penyebab bau mulut loh mbak....

    ReplyDelete
  12. Susah buat sarapan selain ngopi hehe

    ReplyDelete
  13. Sarapan bagusnya dikonsumsi sebelum jam 7 pagi, soalnya kalau udah di atas jam segitu malah bisa bikin ngantuk. Hehe.

    Just FYI.

    ReplyDelete
  14. thanks atas ilmu kesehatannya....

    ReplyDelete
  15. dulu mah gak pernah meratiin yang namanya sarapan pagi,, tapi skarang dah mulai teratur,, demi membiasakan pola hidup sehat.. menu sarapan baiknya jangan yang terlalu berat, yang sedang-sedang saja. :D

    ReplyDelete
  16. sarapan pagi memang salah satu keharusan bagi setiap manusia untuk melakukan aktivitas untk menambah tenaga ketika aktivitas... tapi temen saya kalo pagi suka makan gorengan hampir setiap hari... itu baik gk sih mbak... termasuk saya juga sih mbak.. hehe... sarannya gmna mbak...?

    ReplyDelete
  17. terkadang seseorang lupa akan sarapan... karena alasan kerja atau kegiatan lainya...
    padahal di balik itu ada manfaat yang banyak sekali...

    ReplyDelete
  18. sarapan sangat penting, tapi kadang ada aja yang mengabaikannya. Padahal kesehatan nomor 1 loh ya mbak :D

    ReplyDelete
  19. Betul kaka sarapan emang penting sekali untuk kesehatan jasmani dan rohani kita. Terkadang saya lupa dengan hal itu, karena pernah terburu-buru udah waktu jam sekolah telah tiba. Jadi telat makan.

    ReplyDelete
  20. Iya mba betul sangat. Sy klo tidak sarapan pagi, badan langsung lemas. Terima kasih sharingnya mba :)

    ReplyDelete
  21. iyaa, sarapan itu mesti,. biar sehat di berakktifitas

    ReplyDelete
  22. meski kadang cuman sarapan roti satu lembar, tapi harus diusahain untuk tetap sarapan..

    ReplyDelete
  23. sudah biasa saya sarapan jam 6

    ReplyDelete

Post a Comment