Cara Download Font Di Phonto



Dunia digital terus dan terus berkembang termasuk salah satunya photography, apa lagi sekarang didukung dengan semakin berkembangnya social media untuk share foto yaitu Instagram. Keberadaan instagram sangat mendukung dunia photography. Tidak hanya itu instagram juga layaknya social media lainnya yang bisa dijadikan bisnis, malah sekarang mengalahkan social media lainnya sebagai media untuk bisnis. Hal ini karena foto dari produknya real jelas terlihat ditambah lagi dengan keterangan dari produk tersebut. Dengan begitu akan terlihat simple dan pesan tersampaikan pada konsumen. Selain itu juga ditambah pengguna instagram yang terus meningkat. Semakin kesini instagram menjadi media yang laris manis untuk bisnis. Tidak hanya itu instagram juga bisa buat kepoin aktivitas seleb favorit kita, selain seleb juga kita bisa kepoin temen, gebetan atau mantan sekalipun hehehe :). 

Nah ngomong – ngomong soal instagram dan juga foto terlebih buat yang suka banget sama dunia photography pastinya sayang banget kan kalau foto kita saat di upload ga di kasih watermark dulu. Apa lagi fotonya diambil dengan susah payah miring kiri miring kanan geser sini geser sana belum lagi kejar – kejaran sama cahaya dan juga waktu, sampai lap keringet deh pokoknya. Pastinya mau dong foto kita kasih nama atau bahasa kerennya watermark biar bisa bilang ini lho hasil kerja keras gue motrek yang penuh dengan drama. Yang serunya ga kalah sama drama korea atau sinetron india hehe. Meski buat sebagian orang ga perlu juga itu watermark. Itu seh balik lagi ke masing – masing yaa :). 

Sekarang buat kasih watermark itu banyak banget aplikasi yang bisa kita pakai tuh, bisa pake aplikasi di computer juga kaya photoshop, tapi yang lebih simple sekarang pakai hape. Banyak tuh pilihan mau pakai apa tergantung kita suka dan nyamannya pakai apa. Nah salah satunya yang bakal saya bahas sekarang itu phonto. Iyes phonto jadi pilihan banyak orang tuh sekarang karena bisa dibilang kumplit dan mudah digunakan. Selain itu bisa dikreasikan lagi sesuai keinginan kita. Misalnya pakai background, warna text, bentuk tulisan termasuk curving dan juga download font, kadang kita bosen juga kan sama font yang gitu - gitu ajah. Dan yang terakhir ini neh suka banyak yang nanya sama saya, misalnya gini “teh nama font nya apa?” atau “kak gimana bikin tulisannya” kira – kira begitu pertanyaannya. Dan akhirnya setelah saya pikir – pikir kenapa juga ga dibikin bahan tulisan ajah :). 



Download font
Pertama kita tentuin dulu mau font yang kaya gimana, kalau udah tau tinggal cari di mbah google, terus kalau belum tau nama font nya tapi kita udah pernah liat punya temen boleh tanya ajah langsung nama font nya apa, ga usah malu – malu ya biasanya pada baik koq, pada ramah mau ngasih tau nama font yang mereka pakai. Kalau mau cari refferensi boleh juga cari disini neh www.1001fonts.com boleh juga di www.dafont.com tinggal cari tuh mau yang kaya gimana font nya bisa ubek – ubek disana. 



Nah setelah yakin mau yang mana kemudian kita klik download, setelah itu file akan tersimpan di memori hape. Bisa jadi berbeda ya tiap hape saat kita save file. Kalau di hape saya kira – kira seperti ini ya tampilannya. Setelah tersimpan, selanjutnya kita masukan ke phonto biar bisa kita pakai. Caranya gini, klik salah satu file yang udah kita download tadi yang mau kita pakai di phonto.


Setelah di klik kemudian pilih opsi ttf atau otf dan setelah di klik akan muncul open as, nah kita pilih text supaya bisa di install di phonto. Dan kalau kita penasaran sama font nya boleh juga pilih opsi image maka akan muncul image dari font tersebut.





Setelah open as text langkah selanjutnya install font, kira – kira yang muncul seperti ini, dan kita pilih opsi install. Dan selesai sudah install font nya, kita tinggal buka di phonto udah muncul belum font nya, kalau udah akan muncul di file my font, dan kalau belum bisa di refresh dulu phonto nya ya. 



Selain download font, phonto juga bisa dikresikan lagi, misalnya pakai background biar lebih kece, terus warnanya sesuai selera kita karena warna yang ada kadang tidak matching dengan foto kita. Biar lebih kece lagi kita kreasikan lagi watermark nya, klik opsi style maka akan muncul beberapa pilihan opsi yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan kita. 


Text color
Text color ini buat pilih warna tulisan atau watermark kita, di klik ajah nanti akan muncul pilihan warna kalau ga ada yang matching bisa juga dengan memilih sendiri di atur – atur ajah yang tanda plus minusnya, dan yang terakhir itu supaya tulisan kita ga ngedop, artinya agak bening atau transparan biar kekinianlah hehehe.



Shadow
Shadow ini supaya tulisan kita ada bayangannya, bisa dipilih kalau kita suka.
Background
Nah background ini supaya tulisan kita ada background nya, ada layernya dan ini bisa di atur sesuai keinginan kita, mulai dari warna, bentuk, panjang dan juga pendeknya. Sesuaikan juga sama tulisan kita ya biar lebih rapi.
Spacing
Spacing ini buat spasi dari text atau watermark kita, kalau dirasa perlu boleh digunakan dan ini kembali lagi ke selera yaa . 


Curving
Curving ini untuk membuat tulisan kita bentuknya melengkung atau curve, kalau di rasa suka boleh juga dikresikan ya memakai curving ini. 
Size
Untuk size atau ukuran dari font bisa disesuaikan dengan keinginan kita ya mau sebesar apa tinggal pilih plus atau minusnya.
Tilt
Sedangkan untuk membuat tulisan kita menjadi miring dengan derajat kemiringan sesuai selera kita.
Move
Kalau move ini, fungsinya ga jauh beda ya sama move on eh hehe bukan pindah hati ya tapi maksudnya pindahin textnya. Ke kiri atau kanan, atas atau bawah, pokoknya di pas – pasin ajah sama fotonya yaa. 

Itulah sebagian dari review phonto. Selain untuk foto yang akan kita share ke social media phonto juga bisa untuk membuat tulisan atau semacem infografis buat blog.Selamat berkreasi yaa :)
post signature

Comments

  1. Wooo bagus, bisa kaya di photoshop ya teh ..
    Coba juga ahh hihi makasih teeh :D

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya mba, aku salah satu pengguna phonto juga

    ReplyDelete
  3. haih keren mak.. aku belun donlot. mau ah. makasi yaa

    ReplyDelete
  4. Nah kemarin udah sempet download tapi ngga ngerti pakenya hehe. Jadi caranya begitu ternyata. Makasih teh infonya, download lagi ah :)

    ReplyDelete
  5. Nah, ini kemarin aku download-download nggak bisa loh mba.. Sekarang dah tau ntar mau coba lagi.. Makasih yah..

    ReplyDelete

Post a Comment