Cara Merawat Gigi yang Baik



Ada yang belum pernah mengalami sakit gigi? Angkat jempol deh berarti giginya bagus dan terawat. Gimana rasanya sakit gigi? Iihh nyeriii deh ada yang berisik ajah berasa pengen marah – marah ya ga? Saya dulu langganan tuh nyeri gigi. Males sikat gigi? Bisa jadi hehe Merawat gigi memang bisa dibilang gampang – gampang susah, kenapa? Karena kaya yang sepele tapi perlu ketelatenan. Gigi merupakan organ yang selalu dan pertama berhubungan sama makanan yang kita makanan sehari – hari. Saat makanan atau minuman yang kita makan dan kita minum itu dingin gigi yang akan merasa ngilu. Gigi juga bisa dibilang mahkota seperti halnya rambut, karena ada di depan dan juga selalu terlihat saat kita tersenyum.

Lalu gimana neh merawat gigi biar gigi tetap bagus, terawat dan ga sakit gigi?
Pastinya kita udah pada tau kan rutinitas yang satu ini, dari kecil kita udah mulai diajarkan  cara sikat gigi. Bahkan ada beberapa lagu anak – anak yang isinya ajakan untuk sikat gigi. Tapi meski dari kecil tetap ajah kebiasaan ini suka bikin lupa atau malas, ya ga? Hihi apa lagi kalau malam udah gosok gigi tetep ajah tergoda lagi makan cemilan dan males buat gosok gigi lagi. Eh gosok gigi  udah rutin dan teratur koq setiap sehari. Tapi kenapa kita masih ajah kena yang namanya sakit gigi. Nah bisa jadi ada yang salah dalam merawat gigi kita baik itu teknik atau caranya. Kita sharing yuk gimana seh merawat gigi yang baik. 


Jadikanlah gosok gigi sebagai rutinitas
Males ga males jadikan gosok gigi merupakan hal yang  wajib dan rutinitas kita sehari – hari. Setelah makan kita gosok gigi atau minimal setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Dan setelah gosok gigi jangan tergoda lagi buat makan atau ngemil yaa. Kalau mau ngemil mah besok lagi ajah yaa :) 

Terlalu sering juga ga baik lho
Apapun kalau itu berlebihan tetep ga baik, ya ga? Begitu juga dengan gosok gigi. Gosok gigi idealnya 2 sampai 3 kali dalam sehari, kalau lebih dari 3 kali dalam sehari itu ga bagus juga,  karena akan merusak email gigi. Selain dapat merusak email gigi juga dapat membahayakan gusi juga.

Gosok gigi tidak terlalu kuat
Selain tidak terlalu sering, gosok gigi juga ga boleh terlalau kuat atau terlalu kenceng. Karena hal ini dapat merusak gigi dan juga gusi. Saat kita menggosok gigi sebaiknya memegang sikat gigi tidak terlalu kuat. Peganglah sikat gigi seperti halnya kita memegang pensil.

Tidak buru-buru
Saat kita menggosok gigi, gosoklah gigi dengan santai ga terburu – buru. Lamanya waktu yang baik untuk menggosok gigi kurang lebih sekitar 30 detik. Gosoklah gigi setiap bagian, samping kanan, samping kiri dan juga bagian depan.

Teknik yang baik
Menggosok gigi sepertinya hal yang sepele, apa seh pakai aturan segala ya ga? hehe. Saat kita menggosok gigi sebaiknya memegang sikat gigi dengan sudut 45 derajat dari arah gusi. Gerakkan sikat dari kiri ke kanan dan lakukan secara berulang. Sikat juga gigi bagian dalam dan juga bagian luarnya serta geraham yang ada di bagian belakang. Selain menyikat gigi. Kita juga sebaiknya menyikat lidah dan pipi bagian sisi dalam.  Karena bakteri selain terdapat pada gigi bisa juga menempel pada lidah dan juga pipi bagian dalam sisi kanan dan kiri. Menyikat bagian pipi selain untuk menyingkirkan bakteri juga untuk mengurangi bau nafas yang tidak sedap. Ada juga sekarang alat untuk membersihkan lidah, kita bisa menemukannya dipasaran banyak brand yang menyediakan.

Berkumur
Mungkin kita juga sering melihat iklan (bukan korban iklan juga yaa :)) kalau gosok gigi ajah ga cukup untuk membunuh kuman. Hal ini ada benarnya karena memang gosok gigi saja tidak cukup untuk menjaga dan merawat kebersihan gigi dan juga mulut kita. Tambahlah dengan berkumur untuk melengkapi perawatan gigi dan mulut kita. Menggunakan antiseptik yang sudah ada dipasaran akan lebih baik untuk menunjang kebersihan mulut dan juga kesegaran nafas kita.

Memilih sikat gigi dan pasta gigi yang tepat
Dulu saya pernah menulis penyebab sariawan, dan salah satunya adalah karena penggunaan pasta gigi uang kurang tepat danjuga sikat giginya. Boleh baca disini Penyebab dan pencegahan sariawanPilihlah sikat gigi dan juga pasata gigi yang tepat untuk selalu menajga kebersihan dan juga kesehatan gigi dan gusi kita. Pemilihan sikat gigi dan juga pasta gigi yang tepat bisa menjadi kunci kesehatan gigi san gusi kita. Karena gigi dan gusi yang tidak sehat bisa menjadi fator pendukung penyebab masalah kesehatan yang lebih serius misalnya jantung dan diabetes. Bila perlu konsultasilah sama dokter gigi dalam penggunaannya untuk menunjang kesehatan dan kebersihan gigi. 


Itulah cara yang baik dalam memelihara kesehatan gigi, gusi dan mulut kita. Bagaimanapun mencegah lebih baik dari pada mengobati. Selalu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi akan membantu kita dalam menghindari maslaah kesehatan lain. Healthy living is easy and happy

Sumber Refferensi : www.alodokter.com
post signature

Comments

  1. Wah ini informasinya berguna banget. Makasih

    ReplyDelete
  2. Thanks Mak Nunk. Manfaat banget nih. Usia sudah menuntut begitu pula dengan gigi.

    ReplyDelete
  3. Aku gak bisa tidur sekarang..lagi sakit gigi.. Eh, pas online ada postingan ini. Mksh ya sdh berbagi info..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa cepet sembuh ya mba, amin...sama2 mba :)

      Delete
  4. dan kurangi manis2 , dan perawatan gigi juga harus tepat, sebaiknay setelah makan yg manis2 berkumur dulu ya

    ReplyDelete
  5. Ternyata terlalu sering juga ga baik tho.

    ReplyDelete
  6. anak2 saya dari kecil sdh saya tekankan utk rajin sikat gigi, dan ketika periksa ke dokter gigi, giginya Alhmdulillah sehat dan baik :)

    ReplyDelete
  7. aktifitas "berantem" dengan anak2

    ReplyDelete
  8. Udah lama banget nih gak jadi pasien dokter gigi hiks
    sekarang kalau ke dokgi palingan antar anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan mba jangan mau jadi pasien dr.gigi sakitnya tuh disini (tunjuk gigi) hehe

      Delete
  9. yak betull puluhan tahun ga ppernah sikat gigi pas malam, berasa deh akhirnya ke dokter gigi krn nyeri gigi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba mungkin ga pernah sakit gigi kali ya bukan ga pernah sikat gigi, kalo puluhan tahun ga pernah sikat gigi kebayang mba hehe, sehat terus yaa mba giginya cepet sembuh sakit giginya ya, amin

      Delete
  10. Penting juga ya mengecek apakah sikat gigi kita masih ok atau nggak. Kalau bulu-bulunya udah keluar kayaknya harus diganti. Hehhe

    ReplyDelete
  11. Kurang pandai merawat gigi kayaknya... udah dua minggu ni sakit gigi ga berhenti

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah loh...ayo rawat yg rajin giginya :) btw cepet sembuh yaa :))

      Delete
  12. Saya sering sariawan, apa karena pasta giginya ya? Padahal saya pake p*psod*nt herbal...

    ReplyDelete

Post a Comment