Cerdas Memilih Acara Televisi



Mencari acara televisi yang benar – benar berkualitas dan mengandung unsur edukasi sekarang bisa dibilang merupakan hal yang langka. Kenapa? Karena menurut saya acara televisi sekarang banyak yang tidak berkualitas dan tidak mendidik. Saya sendiri jarang – jarang nonton televisi. Paling saya nonton acara religi, news, acara – acara hiburan hanya untuk refreshing saja. Anak – anak juga saya sangat batasi untuk nonton televisi, terlebih sinetron yang samasekali tidak mendidik dan tidak ada unsur edukasinya. Paling saya perbolehkan anak – anak nonton televisi misalnya kartun, saya masih memberi kesempatan buat mereka nonton kartun untuk hiburan. Itu juga saya pilih – plilih kartunnya, karena ada beberapa kartun yang tidak baik untuk ditonton oleh anak – anak. Selain kartun yang saya perbolehkan adalah acara yang ada unsur edukasinya buat anak – anak itu juga tidak banyak hanya ada beberapa di stasiun televisi. 
Di salah satu majalah wanita muslimah, selalu ada kolom yang membahas tentang media dan efeknya terhadap masyarakat. Kalau saya baca majalah itu biasanya saya yang pertama cari adalah kolom atau rubrik itu. Dalam kolom itu narasumber  atau yang bahas adalah pakar yang sudah ahli dibidangnya dan menurut saya analisanya bagus dan tepat. Ada beberapa yang saya ingat, bahasan tentang 7 hari gibah, bahasan ini sebenarnya udah lama banget tapi masih saya ingat. Bahasan ini dimaksudkan bahwa dari televisi dan yang kita tonton itu adalah channel infotaiment yang setiap hari ada, maka 7 hari itu kita gibah. Dulu acara infotaiment belum sebanyak sekarang tapi tiap hari ada, kalau sekarang kayanya tiap jam ada ya. Ganti channel ada gosip :) 


Ya saya memang jarang nonton televisi, apa lagi buat beli tv kabel saya ga tertarik dari dulu, meski teman – teman udah banyak yang pakai. Jangankan buat berlangganan yang gratis ajah saya jarang nonton.  Saya masih berpikir dari pada buat bayar tv kabel saya lebih baik mending buat beli quota internet hehe, maklum emak – emak ujung – ujungnya masalah uang :). Suami juga jarang – jarang nonton televisi, kalo suami paling nonton film barat karena dia ga suka nonton di bioskop. Kadang dia  beli dvd jadi nonton di rumah, selain dari dvd dia nonton di youtube. 
Ditengah maraknya acara televisi yang  tidak berkualitas dan tidak cocok untuk menjadi tontonan anak – anak, hadirlah televisi yang bisa dibilang merupakan solusi bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dan hiburan. Ya Net hadir sejak tanggal 18 Mei 2013. Dimana Net ini merupakan bagian dari kelompok usaha Indika Group. Adapun bidang usahanya antara lain Event Organizer, Promotor, Broadcast Equipment, Production House dan juga Radio. Net didirikan untuk menghasilkan konten media yang kreatif, inspiratif, informatif dan juga menghibur bagi masyarakat. Dan tentunya informasi dan hiburan yang diberikan itu lebih memasyarakat, lebih mendalam dan lebih pribadi. 
Net memberikan acara – acara yang lain dari pada yang lain. Acaranya variatif dan juga tidak membosankan. Setelah Net hadir meramaikan dunia pertelevisian, seakan menjadi pilihan  untuk merubah channel televisi yang selama ini kadang jenuh dengan tayangan yang menurut saya bisa dibilang latah. Kenapa saya katakan latah lihat saja ketika satu acara sangat bagus ratingnya di salah satu stasiun televisi swasta, maka televisi yang lain biasanya akan mengikuti meskipun dengan konsep yang berbeda namun pada intinya sama. Belum lagi tayangan itu terus diperpanjang dan diperpanjang dengan alasan rating tinggi dan menjadi pemenang dari salah satu award. 

Credit : Uwien Budi
Dan untuk lebih mendekatkan diri dengan pemirsa, Net mengadakan off air yang bertajuk Net Goes to You. Dan kota yang pertama dikunjungi adalah Bandung. Tidak tanggung - tanggung Net Goes to You Bandung selama 3 hari mulai tanggal 6 November sampai dengan 8 November 2015. Tentunya saya sebagai warga Bandung dan juga Blogger Bandung  antusias dong ketika mendapat undangan untuk mengikuti acara ini. Saya sendiri berkesempatan untuk menghadiri acara hari kedua, Press Conference dan bisa bertemu langsung dengan beberapa bintang yang selama ini menghiasi Net dan juga dengan sang Ceo Net, Wisnutama. Acaranya bertempat di Hotel Holiday Inn Bandung. Adapun beberapa artis yang hadir adalah pemain Ini Talkshow, wow tentunya seneng banget secara saya kan suka banget nonton Ini Talkshow. Acaranya menghibur dan bintang tamunya keren – keren. Dalam setiap episodenya selalu ada yang membuat penonton tertawa dan tentunya acara ini selalu ditunggu. Pada Press Conference kemarin kita diberi  kesempatan untuk bertanya langsung sama Ceo Net sendiri Wisnutama dan juga sama bintang - bintangnya




Pada malam harinya acara dilanjut dengan Taping program "Ini Talk Show" karena acaranya malam hari saya tidak bisa ikut. Hanya bisa pantau dari social media teman - teman blogger lainnya. Acaranya seru dan juga masyarakat sangat antusias, terlihat dengan banyaknya penonton yang hadir.  Bertempat di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Acara ini dilanjut sampai esok harinya dengan berbagai rangkaian acara lainnya seperti Ini Talkshow yang ditayangkan secara live sampai dengan selesai. 

Blogger Bdg bareng Kang Sule
 
Beberapa acara lain dari Net yang saya suka diantaranya Sarah Sechan. Saya dari dulu suka sama Sarah Sechan, dia enerjik dan smart. Setiap acara yang dia bawakan selalu hidup dan berhasil dibawakannya. Cuma sayang banget setelah acara ini pindah jam tayang saya jadi jarang nonton karena jam tayangnya jadi siang hari jadi kadang terlewatkan. Sarah Sechan juga bintang tamunya keren – keren, mereka yang berprerstasi dan penuh talenta. Selain Sarah Sechan yang saya suka juga adalah Tetangga Masa Gitu, sitkom ini menghibur banget hanya ada 4 orang pemeran dan itu juga merupakan pasangan suami istri. Setiap peran yang dibawakan penuh karakter. Ceritanya selalu menghibur dan bikin ketawa, ga pernah bosan nonton ini.  Selain itu ada juga The Comment dan Kelas Internasional. Itulah beberapa acara hiburan dari Net yang saya suka

Selain acara hiburan ada juga beberapa acara yang informatif dan bermanfaat misalnya IMS atau Indonesia Morning Show  dan 86.  Pagi - pagi disuguhi kabar - kabar yang up to date dan informatif dikemas dengan santai. Adapun 86 merupakan acara yang bisa kita jadikan pelajaran supaya lebih berhati - hati dan juga selalu mentaati peraturan lalu lintas. Dimanapun berada, mentaati peraturan jangan hanya karena takut ada petugas atau takut kena denda. Tapi harus kesadaran dari kita sendiri karena itu untuk kita juga. Waktu Net Goes to You Bandung kemarin ada citizen journalism workshop dan bedah program "86" bertempat di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, sayang saya ga bisa ikutan. Selain ada tugas lain, kita juga memberi kesempatan kepada teman - teman blogger lainnya untuk berbagi kesempatan.  

Itulah sekilas dari Net Goes to You Bandung dan juga beberapa acara Net yang menurut saya menghibur dan informatif. Bagaimanapun jaman sekarang kita harus cerdas untuk memilih acara televisi yang kita tonton. Hal ini untuk kebaikan kita dan juga generasi mendatang, terutama anak - anak kita. Jangan sampai mereka disuguhi dengan tayangan yang tidak mendidik dan tidak berkualitas.
post signature

Comments

  1. Setuju bangad, saat ini acara di televisi kebanyakan tidak mendidik sehingga perlu selektif dalam memilih acara televisi.

    ReplyDelete
  2. tapi net makin ke sini kenapa makin menyerupai acara tipi lain ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin memang acara itu lagi kekinian mba hehe

      Delete
  3. Selain nonton berita sy juga nonton komedi dan tausiah,
    Terima kasih tipnya
    Salan hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya paling suka komedi tuk pakde, sama2 pakde, salam juga dari Bandung ya pakde :)

      Delete
  4. Dikeluarga saya juga sangat disiplin dan selektif untuk menonton teve, bahkan ada jadwal jadwal tertentu. kecuali acara edukasi dan religi...
    sedih juga melihat media kita yang udah dikuasai oleh orang-orang kapitalis, sehingga tak heran sampah pun selalu dijadikan tontonan yang wajib, kasian sekali generasi ke depan..

    ReplyDelete
  5. Ada beberapa acara NET. yang saya gak suka juga. Yang kerap ditonton paling Sarah Sechan , sama Tetangga Masa Gitu, terus yang paling sering Ini Talk Show.

    ReplyDelete
  6. iya youtube sekarang banyak jadi pilihan ya, ayuk mba kita nonton bareng :)

    ReplyDelete
  7. Kalo aku paling suka acara Kelas Internasional, selain menghibur juga menambah wawasan kebudayaan negara lain.

    ReplyDelete
  8. aku langganan tv kabel buat acara anak2nya mba, bagus2 xixixi.

    ReplyDelete
  9. bener bngt setuju sekali sama pendapatnya kita memang harus cerdas dalam memilih acara tv karena kebanyakan hanay kejar rating bukan kualitas

    ReplyDelete

Post a Comment