Kegiatan yang Bisa Dikerjakan Sambil Ngeblog



Menjadi blogger sekarang bukanlah hal yang susah, semua orang bisa, semua orang berhak dan semua orang mampu. Tak ada batasan usia, pendidikan, level dan lain sebagainya. Semua orang bisa menuangkan ide dan pemikirannya, semua orang biasa berbagi. Karena blog merupakan salah satu media untuk berbagi informasi, tips, ilmu dan masih banyak lagi lainnya. Dalam blogging tidak pernah pelit ilmu disinilah tempatnya berbagi dan saling bantu. Dari blog bisa dapat teman dan sahabat. Itulah persepsi saya dan  yang saya rasakan selama ini. 

Blogger perempuan sekarang banyak banget, mereka berbagi tips keluarga, parenting, kuliner, kecantikan, kesehatan dan lainnya sebagainya.  Melalui bermacam – macam group dan komunitas blogger, termasuk komunitas yang hanya untuk blogger perempuan, kita para perempuan dan ibu – ibu hebat berkumpul. Berbagi dan silaturahmi. Tak sedikit pula blogger perempaun yang bisa mencari tambahan penghasilan untuk keluarga atau untuk keperluannya sendiri dari blog. Termsuk juga produk rumah tangga atau produk perawatan kulit.


Buat perempuan apa lagi yang udah berkeluarga dan bekerja juga, bukanlah perkara mudah biar bisa ngeblog.  Tapi ga bisa dikatakan sulit juga sebenernya. Karena jadi blogger itu bukanlah suatu paksaan. Kapanpun bisa dan waktunya kita yang ngatur. Lalu bisakah ngeblog sambil mengerjakan pekerjaan rumah atau sambil merawat diri? Tentunya bisa dong, ya istilahnya sekali mendayung dua pulau terlampaui.  Pekerjaan rumah beres, anak – anak, merawat diri juga selesai dan blog juga siap tayang (lha film kali tayang :D) lebih tepatnya siap posting kali ya :). Ya meski ga langsung di posting juga bisa buat draft dulu. Nanti kalau nyatai bisa di edit lagi. Karena sekarang kan ngeblog ga hanya bisa di PC, laptop atau netbook dimana kita harus standby di depan PC atau laptop. Sekarang ngeblog semakin mudah bisa dengan smartphone berupa tablet atau handphone. Bahkan pada beberapa platform blog udah ada aplikasinya jadi semakin mudah kan buat ngeblog. Bisa kapan dan dimana ajah. Dan inilah beberapa kegiatan yang bisa dikerjakan sambil ngeblog :
  • Mencuci pakaian
Mencuci pakaian sekarang beda banget sama jaman saya kecil tinggal di daerah dulu. Meskipun saya ga ngalamin nyuci ke sungai, tapi saya ngalamin nyuci sambil gosok – gosok. Sekarang nyuci semakin mudah ga harus standby di depan cucian sambil gosok. Kita tinggal masukin ke mesin dan tinggalin nanti tau – tau selesai tinggal dijemur. Nah sambil tunggu selesai cucian kita bisa tuh sambil ngeblog. Nah yang dapet review atau yang mau review produk elektronik misalnya mesin cuci atau justru review deterjent, bisa tuh sambil tungggu cucian kan asik. Pengalaman pribadi langsung kita tuangakan berupa tulisan.  
  • Maskeran dan peeling
Melakukan perawatan kulit dan muka sekarang banyak jenisnya. Bisa ke tempat perawatan kulit atau skin care, bisa juga kita lakukan sendiri di rumah. Ya di rumah kenapa ga, sekarang banyak brand pilihan untuk bisa digunakan sendiri dirumah. Selain bisa lebih hemat biaya juga bisa lebih hemat waktu. Dan tentunya kita juga semakin mahir buat melakukannya. Perawatan yang bisa dilakukan dirumah diantaranya maskeran dan peeling. Nah sambil tunggu masker kering dan kenceng kita bisa sambil ngeblog tuh kan ga kerasa waktunya tau – tau masker kering dan kenceng. Selain blog beres muka juga jadi kinclong. Dan juga dapet ide buat postingannya misalnya tutorial maskeran di rumah, atau maskeran sambil ngeblog, dan buat yang suka bikin sendiri maskernya dari bahan alami bisa juga tuh dibagi – bagi tipsnya.
  • Masak
Masak di rumah itu lebih sehat dan lebih aman menurut saya dari pada kita beli di luar apa lagi jenis makanan tertentu yang suka bikin ragu kandungan dan kemanannya. Termasuk membuat makan buat bayi atau anak, itu lebih bagus dan lebih sehat bikin di rumah. Bahkan temen saya dulu bahan berupa tepung berasnya dia khusus bikin ke tempat pembuat tepung. Dia ga mau beli tepung yang udah di jual dalam kemasan. Masak di rumah juga selain sehat juga bisa hemat biaya. Emak - emak teuteup ujung - ujungnya hemat HEUHEU.  Jaman saya kecil dulu, saya tinggal di daerah. Dimana ibu saya masak itu masih menggunakan cara tradisional dengan kayu bakar. Termasuk semua peralatan masak dan juga masak nasi, masih  metode dan model yang lama. Ya maklum saya kan masa kecilnya di tahun delapan puluhan dan hidup di daerah jadi masih serba alami dan tradisional. Berbeda dengan sekarang masak tinggal kita siapian ajah dan tau beres dalam hitungan menit saja. Masak nasi bisa menggunakan penanak nasi dan juga alat masak yang bisa kita tinggalkan. Dengan adanya kemudahan ini kita harus manfaatkan juga sambil tunggu mateng kita isi dengan kegiatan lain, salah satunya bisa sambil nulis di blog ya ga. Apa lagi yang punya passion kuliner bisa tuh tulis resep masakannya. Plus foto – foto kece makanannya. Jadi selesai ngeblog langsung makan deh HEHEHE.
  • Tunggu anak sekolah
Saya masih inget dulu jaman masih duduk di kelas satu Sekolah Dasar, saya selalu minta diantar dan dijemput sama ibu. Mungkin hal ini juga ga jauh beda sama anak – anak saya sekarang. Mereka selalu ingin diantar dan dijemput sama saya. Kalau saya ada di rumah pas ga kerja seh suka saya antar jemput. Dan itu juga salah satu alasan saya kenapa masih belum siap buat kerja yang non shift harus tiap hari masuk, saya ga bisa anter jemput  anak – anak sekolah. Mungkin semua ibu – ibu sama mengantar jemput atau kadang harus menunggu anak – anak sekolah maupun les merupakan hal yang menyenangkan. Karena bisa mengantar mereka dan menemaninya sekolah. Waktu tunggu yang lama kadang bikin kesel juga, mau pulang dulu tanggung atau jarak yang lumayan jauh, nah sambil nunggu bisa kita sambil ngeblog tuh. Salah satu makmin kece KEB, mak Irma katanya suka neh sambil tunggu anak - anak sambil ngeblog. Keren ya bisa di contoh neh sama emak - emak lain. Biasanya waktu ga akan kerasa apa lagi sambil blogwalking. Karena blogwalking kadang bikin kita keasikan di depan internet ya ga :)
  • Istirahat kerja
Saat kerja tentu ada waktu istirahat ya, meskipun pada beberapa jenis pekerjaan atau profesi kadang jam istirahatnya ga jelas karena harus berhubungan dengan layanan masyarakat. Setidaknya ada saat waktu kita untuk rehat sejenak atau saat senggang. Saat senggang ini bisa kita isi dengan ngeblog. Saya sendiri suka gitu karena jam istirahat saya ga tentu, saat ada waktu senggang saya biasanya isi buat ngeblog meski baru draft, baca ulang kalo - kalo ada yang harus di edit lagi, cek dashboard kali ada koment yang masuk atau cek email berharap ada undangan atau job review, jiahhh ngarep. Eh harus di amin kan mudah - mudahan jadi doa, amin. 
  • Tunggu antrian
Jaman sekarang kalau ga kenal antri itu kelewatan banget, ya secara sekarang antri itu dibudayakan banget. Apa coba sekarang yang ga antri, ga hanya antri sembako kan, apa – apa sekarang antri. Terkadang pada beberapa keadaan kita juga dihadapkan pada antrian yang panjangnya kaya rel kereta api. Males dan bikin jenuh kan? Dari pada bete dan ngedumel, lebih baik kita isi sama kegiatan yang postif, ya kita isi sama ngeblog. Bisa tuh postingannya tentang antri, mislanya tips mengatasi jenuh saat antri, ayo budayakan antri,  atau buat yang masih lajang bisa ngasih trik cari kecengan sambil antri :). 
Itulah beberapa kegiatan yang bisa kita kerjakan sambil ngeblog, mungkin masih banyak lagi pengelaman rekan – rekan saat ngeblog sambil mengerjakan pekerjaan lain. Ayo sharing dan berbagi pengalaman. Biar tambah eksis dan semangat ngeblognya. Dan tepat di hari blogger nasional ini saya mau mengucapkan Selamat Hari Blogger Nasional.buat semua rekan - rekan bloggger, 27 Oktober 2015. Teruslah menulis, teruslah berbagi dan teruslah berkarya. 



post signature

Comments

  1. Hai mbak, saya sih kalo ngeblog jarang sambil multitasking yang lain, suka ga dapet konsennya. Kalo blogwalking, baru deh bisa nyambi hihihi...

    Selamat Hari Blogger juga yaa... Tetap semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kadang ga sampe publish tetep di edit lagi :) ya dari pada bengong ajh tunggu cucian beres :) sama2 selamat hari blogger juga ya :)

      Delete
  2. saya juga ngeblog sambil nunggu anak sekolah :D

    ReplyDelete
  3. Kalau saya biasanya nyuci sama masak aja.

    ReplyDelete
  4. Semuanya udah kec yg terakhir. Yg antri. Berarti pake hp ya? Ga bisa ngeblog via hp :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kerean mak ina neh, iya pake hp mak, saya juga paling draft, balas koment sama cek email :)

      Delete
  5. sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui ya mak. hemat waktu, efektif dan efisien hehehe...

    ReplyDelete
  6. nunggu download an selesai
    lumayan bisa disambi ngeblog, bisa jadi banyak tulisan

    ReplyDelete
  7. Selamat Hari Blogger Mbak. Salam kenal..

    ReplyDelete
  8. Saya sih sesempetnya saja hehehehe

    ReplyDelete
  9. Wuaaaa kerennnn. Kalo aku ngeblog cuma bisa setiap pulang kantor dan kalo ga lagi lenbur. Wahhh aku harus banyak belajar untuk lebih pintar bagi waktu lagi nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuk kita sama2 belajar pintar bagi waktu :) mksh ya :)

      Delete
  10. Waah, hampir sama kayak ku nih jadwal ngeblog nya mb Nunk....
    memang kudu pinter2 bagi waktu...yang penting kerjaan rumah dan anak tidak terbengkalai..

    ReplyDelete
  11. Keunikan wanita itu memang bisa multitasking, kalo lelaki mah harus fokus, ngerjain satu kerjaan dulu baru bisa ngerjain kerjaan lain. Emang udah gitu kali ya settingannya,,,,

    ReplyDelete

Post a Comment