Manfaat Tomat untuk Kecantikan Kulit



Setelah sebelumnya saya menulis tentang manfaat tomat untuk kesehatan, sekarang tentang manfaat tomat untuk kecantikan kulit. Mempunyai kulit yang cantik tentunya dambaan semua orang kan tak terkecuali laki – laki juga. Jangan salah sekarang banyak laki – laki yang melakukan perawatan kulit. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk perawatan terhadap kulit kita. Cara natural terkadang banyak menjadi pilihan, karena dianggap lebih aman dan juga praktis serta mudah. Tomat selain untuk masak dan juga dimakan langsung, tomat bisa untuk kecantikan kulit juga, ini dia manfaat tomat untuk kecantikan kulit :



  • Mengecilkan pori – pori

Pori – pori  yang besar memang bikin kurang nyaman apa lagi kalau dilihat lebih dekat bakal lebih keliatan. Mengecilkan pori – pori selain bisa dilakukan dengan es batu, bisa jug adengan tomat. Tomat bisa untuk mengencangkan dan mengecilkan pori – pori kulit, bisa dilakukan dengan cara dibuat masker. Cara membuat masker tomat bisa dengan diblender, setelah tomat di blender, campurkan dengan dua sendok makan juice tomat dengan satu sendok makan air. Bersihkam wajah terlebih daulu kemudaian pijat seluruh permukaan wajah dengan masker tomat tadi selama kurang lebih 15 menit. 


  • Mencerahkan kulit

Kulit cerah bukan berarti harus putih, namun kulit tampak bersinar, sehat dan tidak kusam. Untuk mendapatkannya ada cara yang sangat mudah dan juga sederhana serta tidak mahal. Bisa menggunakan tomat dengan cara buat irisan tomat yang agak tebal kemudian gosokkan pada wajah secara merata. Lakukan secara rutin dan kurang lebih seminggu kulit akan tampak sehat dan juga segar.
Selain itu bisa di bikin juga krim tomat denagn cara campurkan satu sendok teh oatmel, yoghurt, dan juga dua sendok teh tomat yang sudah ditumbuk dengan halus kemudian oleskan secara perlahan pada wajah, leher dan juga bagian kulit lainnya yang diinginkan dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Dengan bahan – bahan ini akan berkhasiat menghilangkan noda, membuat sel kulit yang mati dan juga membuat kulit lebih rileks.


  • Merawat kulit

Merawat kulit merupakan rasa syukur kita sama Yang Maha Kuasa. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit salah satunya dengan tomat. Biji tomat mengandung minyak yang bisa merat kulit seperti halnya minyak zaitun. Selain itu minyak dalam biji tomat juga mampu melawan radikal bebas yang dapat memperlambat proses penuaan. Gunakan minyak biji tomat untuk memijit area yang kita inginkan. Dan sebaiknya jangan dibersihkan langsung tapi dibiarkan samapi pagi hari ketika kita bangun.  


  • Menghilangkan jerawat

Jerawat memang selalu bikin greget ya dan bikin ga percaya diri. Banyak obat dan cara untuk menghilangkan jerawat. Untuk mengobati jerawat, obat yang paling diperlukan jerawat adalah vitamin C dan vitamin A. Dalam tomat terdapat kandungan kedua vitamin tersebut, dan juga asam yang dapat menghilangkan jerawat dan kulit kemerahan. Yang masih bingung gimana cara ngatasinya jerawat karena membandel, coba dengan tomat neh.  Untuk pengobatan jerawat  yang masih kecil kita cukup dengan menggosokkan tomat yang telah di potong – potong atau menjadikannya masker. 


  • Mengatasi permasalahan kulit berminyak

Kulit berminyak bikin ga nyaman selain harus selalu sedia tissue juga terkadang make up terkadang ga tahan lama. Kulit berminyak terjadi karena produksi sebum yang berlebih. Ada banyak cream perawatan untuk kulit berminyak. Tapi ada cara yang lebih mudah untuk merawat kulit berminyak, bisa dengan tomat. Buat juice tomat sebanyak dua buah di campur dengan empat sendok makan juice mentimun.  Kemudian gunakan sebagai masker dengan dioleskan pada wajah secara merata menggunakan kapas dan diamkan hingga kering. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal. Maka minyak di wajahakan berkurang dan pori – pori juga mengecil. 


  • Menghaluskan kulit

Kulit halus, sehat dan indah akan terlihat lebih awet muda dan juga lebih segar. Dan juga merupakan investasi untuk kita masa depan. Untuk menjaga kulit tetap halus dan sehat bisa dengan menggunakan tomat, caranya blender tomat dan campurkan dengan madu secukupnya sampai menjadi pasta kemudian oleskan pada wajah secara merata dengan gerakan melingkar. Terus dilakukan sampai tomat habis kemusin bersihkan dengan air hangat, dan sebaiknya jangan dulu keluar rumah untuk mencegah wajah kena kotoran seperti debu. 


  • Menjaga tetap awet muda

Awet muda? Iiih siapa yang ga mau coba, pasti pada mau kan? Meskipun peribahasa mengatakan tua itu pasti dan dewasa itu relative, tetep ajah awet muda itu dambaan semua orang. Banyak yang berlomba – lomba cari cara untuk bisa awet muda. Orang terlihat lebih tua karena terjadi kerusakan sel pada kulit wajah kita, tomat dapat mencegah kerusakan sel. Ada cara yang sederhana yang bisa dilakukan dengan menggunakan bahan dasar tomat, lakukan serangkaian skin treatment seperti yang contoh di atas. dengan menggunakan tomat. Tomat dapat memperlambat proses penuaan dengan cara menyerap oksigen secara maksimal. Lakukan secara rutin dan teratur untuk hasil yang maksimal. Dari pada minum minuman bersoda lebih baik minum juice tomat yang lebih sehat dan bermanfaat. 


  • Melindungi kulit dari serangan ultraviolet

Melindungi kulit dari sengatan sinar ultraviolet hal yang harus dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya dengan memberinya sunblock . selain itu dengan mengkondumdi tomat akan melindungi kulit kita dari sinar ultraviolet, hal ini karena tomat mengandung antioksidant berupa likopen. Sebelum kelur rumah di saat terik matahari sebaiknya minum juice tomat terlebih dahulu.

Itulah beberapa manfaat dan juga cara yang bisa dilakukan dari tomat. Tomat meskipun kecil banyak mengandung manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit. Makan tomat secara langsung jauh lebih baik dibanding dengan minum soft drink dan minuman bersoda. Healthy living is easy and happy :)

Sumber Referensi :
www.cakrawalasehat.blogspot.com

post signature

Comments

  1. iya manfaat tomat banyak, tapi aku lebih suka makan tomat dg cara di jus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga bagus mba lebih seger dan enak ya, siiip mba :)

      Delete
  2. Waah baru tomat biaa mengecilkan pori.Pori-poriku besar semua ni mak.Makasih ya infonya.Besok dicoba deh

    ReplyDelete
  3. Yap betul, tomat banyak vitamin C nya, makanya sangat efektif untuk menumpas jerawat dan menghilangkan sel kulit mati.

    ReplyDelete
  4. Wah.. ternyata tomat sangat bermanfaat ya untuk kulit.
    Kulit bisa licin bersinar seperti kulit tomat... hehehhee

    ReplyDelete
  5. tomat itu segar, tapi perih-perih gitu kalo di kulitku hehe

    ReplyDelete

Post a Comment