Dengan
semakin berkembangnya kemajuan teknologi, sepertinya kita tidak akan lepas
dengan dunia perbankan. Karena hampir semua perusahaan untuk proses pemberian
upah atau gaji karyawannya melalui Bank. Begitu juga dengan pembayaran –
pembayaran kebutuhan lainnya seperti listrik, PDAM, asuransi, telepon, pembayaran
uang pendidikan, bisa dilakukan melalui Bank. Termasuk untuk pembealian pulsa
yang sudah merupakan kebutuhan sehari – hari sekarang sudah bisa dilakukan
dengan mudah melalui Bank. Dan masih banyak lagi kebutuhan yang bisa dilakukan
melalui Bank.
Berbicara
mengenai Bank, jujur saya sampai saat ini saya masih terpaku dan lebih percaya
pada salah satu Bank, tak lain dan tak bukan Bank tersebut adalah Bank Nasional
Indonesia (BNI). Saya bukannya panatik tapi entahlah hal itu muncul karena
kepercayaan. Kalau sudah percaya sepertinya susah untuk move on (itu istilah
anak muda sekarang :) Dan selalu tersedia kenyamanan ketika kita berada di dalam kantor BNI.
Awal
saya mengenal dan buka rekening di BNI pada tahun 2000 waktu itu saya baru
dapat gaji dan untuk menyimpannya saya percayakan pada BNI. Waktu itu kantor
BNI masih sedikit tidak seperti sekarang sudah banyak. Saya menabung di BNI
Cabang Cicadas Bandung, karena itulah BNI yang paling dekat dengan kantor dan
tempat tinggal saya. Saya merasa sennag dan bangga bisa menyisihkan uang hasil
jerih payah sendiri di Bank yang terpercaya. Saya mendapatkan buku tabungan,
ATM dan juga buku daftar lokasi ATM. Dulu ketika pertama nabung kita masih
diberi buku daftar lokasi ATM BNI dimana saja. Karena masih bisa jarang tidak seperti
halnya sekarang sudah banyak dan mudah ditemukan. Namun karena suatu dan lain
hal tabungan saya itu akhirnya hangus saya merasa sedih dan kecewa.
Tapi
untungnya kekecewaaan saya tidak lama karena temapt kerja saya sudah
bekerjasama dengan BNI untuk pembayaran gaji karyawannya. Dan karena tempat
kerja saya merupakan anak perusahaan dari salah satu BUMN yang ada di Bandung,
maka segala sesuatunya menginduk ke perusahaan tersebut. Termasuk untuk pembayaran
gaji karyawan harus sama denga induk perusahaan yaitu melalui BNI. Dan aha saya
memiliki lagi tabungan BNI dan kali ini bukan saya yang harus nabung tapi
tabungan saya ada yang ngisi :). Dan BNI yang bekerjasama adalah BNI
Cabang ITB Bandung, meskipun lumayan jauh dari tempat saya bekerja tapi waktu
kita pembukaan rekening kita tidak perlu datang ke kantor BNI, dari pihak BNI
yang ke kantor untuk pembukaan seluruh rekening karyawan. Wahh mudahnya ya
bekerjasama dengan BNI. dan selanjutnya untuk beberapa keperluan yang berhubungan
dengan tabungan dan rekening kita, kita diharuskan datang ke kantor cabang tersebut. Tapi
tidak apa – apa sambil jalan – jalan dan cuci mata, secara disana kan dekat
dengan kampus ITB jadi sekalian cuci mata karena waktu itu saya masih belum
nikah jadi masih wajar kan :)
Saya
termasuk orang yang penasaran dan selalu ingin mencoba dan mengetaui sesuatu
yang belum saya ketahui, termasuk fitur – fitur yang ada di BNI, waktu itu saya
sebetulnya masih terbilang gaptek (gagap teknologi) tapi rasa penasaran saya mengalahkan semua itu, saya mencoba untuk daftar
BNI sms banking dan dari situ saya sudah merasakan manfaatnya sms banking dari
BNI. Dan seiring berkembangna teknologi telekomunikasi sms banking BNI sedikit
mengalami perubahan dalam teknik dan penggunaannya tapi hal itu lebih membuat
nyaman pengguna dan nasabahnya. Selain sms banking saya mencoba dan daftar juga
internet banking dan saya merasa lebih nyaman menggunakannya karena lebih
leluasa. Dan untuk mempermudah transaksi finansial saya daftar untuk
mendapatkan BNI e-secure, apa yang saya rasakan? Saya merasa lebih nyaman dan
sanagt leluasa dalam bertransaksi tidak perlu antri di ATM atau teller, tidak
perlu jauh – jauh ke kantor BNI untuk melakukan transaksi. Cukup di rumah dan
bebas bisa kapan pun saya menggunakannya.
Seiring
berjalannya waktu tempat kerja saya ada perubahan dalam managemen jadi berimbas
pada pengalihan pembayaran gaji juga, jika sebelumnya menggunakan BNI, ada
perubahan dan pengalihan ke Bank lain. Jujur saya sedikit merasa keberatan
karena saya sudah merawsa nyaman dengan BNI, bisa untuk semua transaksi karena
saya hampir semua transaksi sudah melalui bank dan karen BNI fiturnya lengkap
jadi selama ini saya merasa nyaman banget. Untuk mengatasinya saya tiap
menerima gaji selalu dialihkan atau di transfer ke BNI karena untuk melakukan
berbagai transaksi. Dan sampai sekarang saya masih seperti itu, rekening BNI
saya tidak saya hanguskan atau saya tutup, berbeda dengan teman – teman saya
mereka ada beberapa yang sudah di tutup atau hangus. Kalau saya selain untuk
transaksi juga saya merasa sayang bila rekening BNI saya harus di tutup atau
hangus, selain merasa nyaman, saya hapal banget nomor rekening BNI saya, saya
jika minta disebutkan nomor rekening BNI saya dengan cepat bisa mnenyebutkannya
layaknya menyebutkan nomor ponsel milik saya. Bagaimana tidak nomor rekening
yang hanya 10 digit tidak panjang – panjang jadi sangat mudah untuk dihapalkan.
Sedangkan
untuk layanan costumer service dan penyelesaian masalah nasabah, jangan ditanya
lagi, BNI sangat baik respon dan penyelesaian masalahnya. Beberapa kali saya
bermasaalah dengan ATM, pihak BNI cepat menyelesaikannya. Begitu juga dengan
layanan di call centre, mereka sangat ramah dan sabar dalam manghadapi
pertanyaan dan keluhan dari nasabah. Pernah suatu waktu saya melakukan trasaksi
finansil melalui internet banking, entah itu jaringan BNI internet banking yang
lagi gangguan atau apa, transaksi mengalami kegagalan sementara setelah saldo
saya cek sudah berkurang sedangkan ke nomor tujuan belum masuk. Besoknya saya
langsung ke kantor BNI terdekat, pihak costumer service menerima keluhan saya,
meminta maaf atas ketidaknyamanan saya serta cepat meresponnya untuk
menyelesaikan masalah saya. Menurut penjelasan yang saya terima transaksi
tersebut masih pending, dan jika masih tidak masuk ke nomor tujuan maka uang
akan kembali ke rekening kita. Saya sebelumnya sudah merasa khawatir takut
uangnya tidak kembali. Selang beberapa hari Alhamdulillah uang saya kembali ke
rekening BNI saya. Terimakasih BNI karena telah menyelesaikan masalah saya.
Dan
yang lebih membuat saya nyaman juga adalah BNI menyediakan layanan pada saat
akhir pekan atau weekend. Hal ini sangat membantu masyarakat termasuk saya
karena terkadang ada hal – hal yang harus diselesaikan langsung ke kantor BNI
tidak bisa pada saat hari kerja, jadi merasa terbantu banget dengan adanya layanan
BNI pada akhir pekan. Dan untuk di Bandung yang saya tahu ada di jalan
Bauahbatu Bandung, lokasi yang strategis karena dekat dengan pusat perbelanjaan
dan tempat makan. Jadi bisa sekalian dengan keperluan lain jika ke BNI pada
saat akhir pekan. Saya sendiri sudah merasakan manfaat dan layanan BNI weekend ini.
Dan hal ini tidak mengurangi keramahan para petugas meskipun harus masuk kerja
pada saat libur atau akhir pekan. Sedangkan
untuk keperluan pada hari biasa, hari kerja saya biasanya ke BNI cabang Immanuel
Bandung karena lokasinya dekat dengan tempat tinggal saya. Saya terkadang
membawa anak pada saat ke BNI hal ini untuk melatih anak belajar dan
membiasakan menabung.
ATM BNI di Immanuel ada dua lokasinya tepat di depan kator
BNI dan juga di area ATM yang ada di sekitar rumah sakit tersebut. Untuk
layanan ATM ini BNI ada dua pilihan, ada untuk transaksi tunai atau untuk
pengambilan tarik tunai, dan ada untuk transaksi non tunai. Jika kita hanya
akan melakukan transaksi non tunai bisa di ATM tersebut lebih mudah dan nyaman
karena lebih lengkap ada touchscreen dan juga keyboard. Lebih mudah dan nyaman
kan?
Saya
sendiri sekarang menggunakan layanan dari BNI ini antara lain : BNI Taplus, BNI
Taplus Anak untuk 2 orang yang dilengkapi dengan ATM untuk masing – masing
tabungan, sedangkan untuk BNI Tapenas saya menggunakannya secara periodik.
Selain itu saya dan suami juga mempunyai fasilitas kartu kredit dari BNI. dan
merupakan suatu kerhormatan bagi kami bisa mempunyai fasilitas kartu kredit
dari BNI karen menurut informasi BNI sangat ketat dalam pemebrian fasilitas
kartu kredit. Banyak manfaat yang kami rasakan dari BNI karena BNI telah
bekerjasama dengan berbagai pihak. Termasuk ketika saya melahirkan anak ke dua,
meskipun kejadiannya sudah sekitar 5 tahun yang lalu tapi saya masih ingat,
ketika saya melakukan pembayaran untuk biaya administrasi melahirkan, saya
menggunakan layanan dari BNI. Saya melahirkan bukan di tempat yang menjadi
rujukan asuransi dari tempat kerja, jadi saya harus membayar terlebih dahulu
baru bisa dilakukan reimbusment ke pihak asuransi. Dan itu semua berjalan
dengan lancar. Terimakasih saya haturkan untuk BNI.
Dan
pada kesempatan ini izinkan saya dan keluarga mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 69 Tetaplah Melayani Negeri, Kebanggaan Bangsa dan selalu di hati masyarakat Indonesia. Dan tentunya selalu di hati saya.

Waaahhh iyaaa, baru ingat ada lomba BNI. BTW, Semoga menang yaaa
ReplyDeleteAmin,,,mksh mak udh mampir :)
DeleteBangga ya mak bisa menjadi nasabah BNI, selain pelayanannya bagus, BNI seolah mengerti apa yang dirasakan masyarakat di berbagai lapisan. Semoga menang kontesnya ya
ReplyDeleteAmin,,,iya mak lengkap dan ramah2 petugasnya, mksh yaa mak :)
DeleteWaaah komplit ya layanan dari BNI. Pantesan ga bisa pindah ke lain hati.
ReplyDeletehihi iya kaka :)
DeleteGaji saya juga ditransfer ke BNI maak...
ReplyDeletesalam
www.liza-fathia.com
oo ya mak? siiip deh :)
Delete