Umroh Adalah Impianku

Jika ditanya mengenai impian apa yang ingin diwujudkan dalam tempo dekat atau setidaknya di tahun ini, mungkin jawabannya banyak. Sebetulnya mungkin manusiawi jika kita selalu mempunyai keinginan atau tidak pernah puas dengan apa yang kita miliki sekarang. Selalu ingin ini dan ingin itu. Tapi diantara semua impian mungkin atau pasti ada yang menjadi prioritas, dan ingin sekali diwujudkan. Dan untuk saya sendiri hal yang menjadi impian saya sekarang adalah pergi umroh bersama suami. Kenapa umroh menjadi satu impian saya sekarang? Sebagai seorang muslim menginjakkan kaki ke baitulloh adalah sebuah harapan dan akan merupakan suatu kesenangan tersendiri bisa berada disana. Beribadah dengan khusyu dan memanjatkan doa disana.

Mengapa saya memilih Umroh untuk sebuah impian di tahun ini, kenapa bukan yang lainnya yang belum saya miliki? Berdasarkan ilmu yang saya dapatkan dengan beribadah Umroh kita disana bisa berdoa dan meminta apa yang kita inginkan dan harapkan. Mengapa saya tidak menginginkan ibadah Haji terlebih daulu? Sebetulnya ingin sekalai ibadah Haji tapi berhubung karena berbagai kendala saya memilih untuk Umroh terlebih dahulu.

Apa sebetulnya Umroh itu dan apa keutamaannya? Menurut Percikan Iman Umrah adalah ibadah yang dilakukan dengan berihram dan miqat, kemudian tawaf, sai, dan diakhiri dengan menggunting rambut/ bercukur dilaksanakan dengan tertib. Bedanya, umrah dapat dikerjakan sepanjang waktu, sedang haji hanya pada Bulan Zulhijah. Kapan Waktunya Umrah? Umrah dapat dilaksanakan kapan saja, kecuali pada waktu-waktu yang dimakruhkan (hari arafah, nahar, dan tasriq).


GA Evrina

Comments

Post a Comment