Blog yang Nyaman untuk Pembaca



Blog, Blogger, Blogging dan mungkin masih banyak lagi istilah – isitilah yang berhubungan dengan Blog. Awal saya bikin blog karena lagi cari materi buat kuliah, kalau kuliah sudah emak – emak itu harus pintar – pintar cari bahan kuliah, ya salah satunya dengan cari di internet. Dari situ saya jadi tahu apa itu blog, dan tertarik buat punya juga. Meski pada awalnya bingung harus nulis apa. Tambah kesini ternyata saya tambah senang dengan dunia blog. Belajar dan terus belajar. Ya belajar karena belajar itu ga ada batasnya. 

Ketika tahu ada acara keren bakal diadakan di Bandung yaitu Fun Blogging, yang di Bandung ini Fun Blogging 6 lho, wah hebat ya sudah 6 angkatan lagi alumninya. Saya tentunya langsung tertarik dan langsung kirim email. Dan yes dapat respon dan balasan yang cepat. Cuma waktu itu saya ga langsung daftar karena pas tahu jadwal dan waktunya yang cukup lama dari pagi sampai sore, saya mikir – mikir. Apa bisa saya meninggalkan anak – anak, izin dari suami dan juga izin dari tempat kerja? Sampai dapat email lagi dari panitia bahwa acara sebentar lagi dan seat buat peserta sudah mau habis.  saya belum juga daftar karena masih galau. Tapi setelah saya pikir – pikir dan Alhamdulillah mendapat izin dari suami dan juga tempat kerja, akhirnya menjelang deadline pendaftaran saya daftar. Dan yes dapat konfirmasi email bahwa saya sudah terdaftar sebagai peserta Fun Blogging 6. Kesempatan besar buat saya ikut acara ini karena diadakan di Bandung, kapan lagi saya bisa ikutan acara keren ini.


Fun Blogging ini merupakan acara rutin yang diadakan oleh tiga blogger keren, Teh Ani Berta, Mba Haya Aliya Zaki dan Mba Shintaries. Siapa coba yang tidak kenal sama mereka. Blogger dengan dengan prestasi dan kemampuan yang tidak diragukan lagi. Fun Blogging rutin diadakan di beberapa kota sebelumnya. Dan bulan september ini diadakan di Bandung. Tentunya suatu kebanggaan tersendiri buat saya sebagai warga Bandung, kotanya dilirik sebagai salah satu kota pilihan untuk diadakan Fun Blogging. Di Bandung sendiri diadakan tepatnya pada tanggal 6 September 2015 bertempat di Dago Digilife dan acara ini didukung penuh oleh Smartfren. Tentunya sudah pada tahu kan Smartfren yang merupakan salah satu celuler berbasis CDMA yang kualitasnya tidak diragukan lagi. Terlebih sekarang Smartfren sudah didukung dengan jaringan 4G. Wah belum 4G saja sudah bagus apa lagi sudah 4G. Tambah kencang neh sinyalnya, dan tentunya blogging sengan Smartfren tidak pake lelet atau lola alias loading lama. 


Fun Blogging ternyata jauh dari apa yang saya bayangkan, jujur awalnya saya membayangkan bakal merasa jenuh karena dari pagi sampai sore diberi materi. Tapi ternyata dugaan saya meleset. Materi pertama saja tidak terasa waktunya ketika disampaikan oleh Mba Haya Aliya Zaki seorang editor dan mom blogger tentang Writing Great Content. Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari materi ini. Secara saya menulis blog masih sedikit banget ilmunya. Termasuk dalam hal EYD. Ya EYD, saya belajar ini ketika masih Sekolah Menengah Pertama saja karena sewaktu SLTA saya sekolahnya dikejuruan dimana pengetahuan umumnya lebih sedikit. Dan dari situ saya jarang banget menggunakan EYD karena pekerjaan saya adalah praktek di lapangan. Walaupun ada untuk dokumentasi tapi tidak terlalu mementingkan penggunaan EYD. Jadi pengetahuan saya tentang EYD sangat minim banget. Tentunya kesempatan berharga dapat ilmunya dari seorang editor kondang. 


Mba Haya Aliya Zaki menyampaikan materi

Konten itu perlu dalam menulis blog, karena sesungguhnya nafas blog kita itu adalah konten, itu menurut Bang Win, dan menurut Bob Mayer “Content is king. Promotion is queen.” Dalam penulisan blog juga harus bersahabat dengan pembaca, karena kita menulis itu untuk pembaca. Jangan membuat pembaca pusing karena tidak mengerti maksud dari tulisan kita, dan membuatnya tidak nyaman saat membaca. Misalnya merasa silau dan sepet mata karena efek  warna dari blog dan tulisan yang terlalu kecil. Manjakanlah pembaca dengan suguhan yang menarik, informatif dan  asik dengan blog kita. Buatlah blog yang membuat pembaca betah berlama – lama di blog kita, ketagihan dan ingin kembali lagi. Jadikan pembaca selalu menanti tulisan kita. Ahh senengnya ya kalau sudah punya pembaca yang ketagihan dengan tulisan kita. 

Setelah isoma (istirahat sholat dan makan) materi dilanjutkan dengan narasumber Mba Shintaries seorang Blogger dan Web & Blog Designer. Apa yang terbayang dengan sosok Mba Shintaries? Ya betul, smart dan ramah. Karena saya sendiri sudah berteman di beberapa social media sejak lama dan baru dipertemukan kemarin saat fun blogging. Mba Shintaries membahas tentang Advancing Your Blog Platform. Hmmm saya benar - benar harus banyak belajar dari mba Shintaries. Kesempatan neh saat fun blogging bisa mendengarkan penjelasan dari mba Shintaries dan bertanya langsung. Selain dengan konten yang bagus, yang tak kalah penting juga adalah setting dari blog itu sendiri. Pengaturan font, tataletak, thema, warna, widget dan pemilihan platform itu penting dalam blog. Membatasi pemasangan iklan akan menambah cantik tampilan blog kita. Meletakan iklan pada posisi yang tepat akan membuat nyaman pembaca.  Buatlah pembaca merasa nyaman dan betah dengan tampilan blog kita. Blog akan terlihat profesional tanpa pernak pernik yang tidak perlu. Dan share blog ke social media yang banyak digunakan oleh pembaca. Pada sesi Mba Shintaries ini karena saya bawel banyak tanya, akhirnya dikasih goodiebag yeaayyy oleh - oleh buat anak neh.

Dan yang terakhir materi disampaikan oleh Teh Ani Berta. Sudah pada tahu kan siapa itu Teh Ani Berta. Blogger kondang dengan sejuta prestasi yang membuat kita termotivasi. Teh Ani seorang Blogger dan Digitasl Media Activist, memberikan materi tentang How to Monetize ayour Blog Through Branding. Saat materi dari Teh Ani peserta pada antusias, siapa coba yang tidak semangat kalau bahas masalah uang. Yang tadinya ngantuk juga jadi semangat dapat materi dari Teh Ani. Mempunyai blog dan aktif menulis, tidak ada salahnya kan kalau menghasilkan uang juga. Bahkan sekarang banyak yang menjadi sumber penghasilan. Yang namanya rezeki bisa didapatkan dari jalan mana saja kan selama itu halal. Selain blog, yang bisa dijadikan sumber penghasilan juga adalah social media. Sekarang siapa yang tidak kenal dengan social media. Sedikit – sedikit social media. Kalau aktif dan mempunyai followers banyak bisa juga dijadikan sumber penghasilan. 

Blog dengan konten yang bagus dan menarik, sering update, bersahabat dengan SEO, itulah blog yang banyak dicari oleh advertiser. Makanya ayo kita rajin update blog. Selain rajin update hal yang perlu juga untuk seorang blogger adalahmembangun personal branding,  blogwalking dan jangn lupa tinggalkan jejak. Tapi jangan asal ninggalin jejak ya, kelihatan banget kan tidak baca blognya. Tidak ada salahnya kan baca blog punya orang malah dapat banyak ilmu dan wawasan. Jadi blogger itu harus senang bersilaturahmi juga dan ikut bergabung di berbagai komunitas blogger. Berkomunitas selain untuk silaturahmi juga untuk share blog kita. Sayang banget kan kalau nulis tidak di share. Share blog itu perlu untuk menarik atau mengundang pembaca blog kita. Sekarang banyak tuh komunitas – komunitas untuk blogger. Selain itu ikut lomba atau giveaway yang diadakan, suka pada bagus – bagus tuh hadiahnya. Dan salah satu celular dan brand yang selalu bekerjasama, mendukung dan memberi motivasi pada blogger adalah Smartfren. Smartfren sering banget mengadakan acara dan bekerjasama dengan blogger. 

Dan satu hal yang membuat saya termotivasi oleh Teh Ani adalah motivasi beliau buat saya untuk lebih aktif menulis sesuai dengan basic pendidikan dan pekerjaan saya di bidang kesehatan. Berbagi sesuai dengan background yang kita miliki akan lebih enak karena setidaknya itulah yang kita kuasai. Dan syalalala masih kata Teh Ani suka banyak advertiser yang mencari blog tentang kesehatan. Wah tambah semangat nulis neh Teh, makasih info dan motivasinya ya Teh. Fun Blogging benar – benar tidak kerasa waktunya, tahu – tahu acara sudah hampir selesai. Banyak banget ilmu yang saya dapatkan dari Fun Blogging. Jujur saya masih ingin banyak belajar dari tiga blogger keren ini. Fun Blogging…Jenuh? No! Fun? Yes! Dan pada kesempatan kemarin banyak rekan paserta yang mendapatkan hadiah, termasuk ada rekan kita yang mendapatkan hadiah berupa produk dari Smartfren sebagai pendukung Fun Blogging 6 Bandung.

Peserta Fun Blogging 6 mendapat produk Smartfren
Blogging akan menjadi kebutuhan kalau kita sudah merasa nyaman dengan aktivitas ini. Menulis kalau dibiasakan akan menjadi hal yang menyenangkan dan menjadi satu rutinitas. Menulis dan teruslah menulis jangan dijadikan beban tapi jadikan motivasi tersendiri untuk mencapai apa yang kita inginkan. Buatlah blogging itu menjadi suatu yang fun, yang asik, hingga akhirnya kita bisa mengatakan Fun Blogging.



Sebagai penutup, kurang seru kalau acara blogger tidak ada sesi  foto bersama. Dan inilah semua peserta fun Blogging 6 Bandung. Selesai acara meskipun sampai sore peserta masih ceria. Iya dong kan sudah dapat banyak ilmu.Selain foto bersama peserta ada juga yang selfie dan foto rame - rame. Terimakasih buat narasumber dan semua teman - teman. Mudah - mudahan kita bisa tetap silaturahmi.

Peserta Fun Blogging 6 Bandung

post signature

Comments

  1. wah seru bingiiittsss. jadi ngiri gak dapet info dan gak ikutan acaranya... blogwalking fun ? yes. jenuh ? no... no... no...
    yuk mampir ke rumahku yah. ditunggu komentarnya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget teh, iya ttth ga ikutan ya... siipp teh nanati bw ke blognya, mksh ya udh mampir :)

      Delete
  2. Senangnya pernah ikut Fun Blogging. Saya masih menunggu nih mba. Semoga nyampe solo acaranya.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sudah hadir di acara ini ya, Mba semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  4. topik blognya nunk udah bagus, kesehatan. gak banyak yg bahas ini soalnya. terusin aja, nung. biar dapet job review dari rumah sakit di singapura kayak mba haya geuning :D

    ReplyDelete
  5. Waaahhh asyik beneerr goodie bagnyaaa

    ReplyDelete
  6. duh masa teh? jadi terharu neh :) mksh yaa jd motivasi neh :) iya ga sempet ya :(

    ReplyDelete
  7. Wah EYD aku hampir lupa sema tuh ttg EYD hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mba saya juga belajar waktu SD :)

      Delete
  8. Blognya mbak nunung juga nyaman di baca

    ReplyDelete
  9. acara ini rutin diadain akhir tahun kaya sekarang ini ya teh? biar ga ketinggalan info untuk tahun depan...heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga mba ini waktunya ga tentu gimana mereka ngadainnya, biasanya suka ada info di socmed mba :)

      Delete

Post a Comment