Sariawan


Sariawan penyakit yang sering banget singgah di area mulut kita, tersiksa banget deh kalo si sariawan ini udah nempel. Makan jadi ga enak, perih, pengennya mulut terkunci terus males bicara. Sebenarnya apa yang menjadi penyebabnya? berikut beberapa faktor yang dapat menjadi pencetus timbulnya sariawan :


1. Kurang vitamin C
Ya vitamin C merupakan faktor pencetus timbulnya sariawan, apa sajakah yang menjadi sumber vitamin C? Buah - buahan segar, sayuran warna hijau yang masih segar, dan ada juga vitamin C yang terdapat dalam olahan minuman maupun soft drink misalnya You C 1000mg cukup tinggi kandungan vitamin C nya, nutrisari, buavita dan masih banyak lagi.


2. Tidak cocok atau alergi pasta gigi
Seorang dokter gigi di bandung pernah mengatakan bila kita sering sariawan, cobalah kita ganti pasta gigi kita yang kita pakai sekarang, karena bisa jadi kita tidak cocok dengan pasta gigi yang di pakai sekarang, dan terbukti saya sendiri orang yang sering banget di hinggapi sariawan, saya mencoba ganti pasta gigi yang saya pakai dan memang sariawan berkurang.


3. Kurang tidur atau sering begadang
Seorang dokter ahli penyakit dalam atau internist di bandung mengatakan salah satu faktor yang bisa menimbulkan sariawan adalah karena kita kurang tidur atau sering begadang, saya pun mengakui saya sering banget tidur larut malam, entah itu kerja atau saya asik di depan layar dunia maya, saya kalau sudah ada di depan internet kadang lupa waktu, jadi tdurlah yang cukup dan jangan sering begadang.


4. Daya tahan tubuh kurang
Daya tahan tubuh yang kurang bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan, maka dari itu makan yang cukup yang tentunya banyak mengandung gizi, banyak minu air putih dan olah raga yang cukup. Semoga bermanfaat

Comments

  1. Loh....kurang tidur dan begadang juga sebabakan sariawan toh...?baru tahu...hehehe..btw, kalau soal pasta gigi, aku justru sensitif sm pasta gigi yg pedas mbak...area sekitar bibir dan dagulsg menghitam dan mengelupas, jadi mesti ketat banget milih pasta giginya..hehehe.. TFS..

    ReplyDelete
  2. iya mba kurang tidur dan begadang bisa menyebabkan sariawan juga, itu dokter internist (penyakit dalam) yang bilang, kalo saol pasta gigi itu menurut dokter gigi mba, ok makasii udh blogwalking yah, salam kenal :)

    ReplyDelete

Post a Comment