5 Faktor Untuk Hidup Sehat

Menjalani pola atau gaya hidup sehat sepertinya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih dijaman sekarang yang serba instant. Apa – apa tinggal beli, tinggal telpon, delivery. Belum lagi godaan minuman berasa dan beraroma yang kian hari kian banyak bermunculan dari berbagai brand yang sangat – sangat menggoda.
Namun sesulit apapun pola atau gaya hidup sehat sedikit demi sedikit, lambat laun harus dijalani. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga kesehatan diri kita sendiri. Jadilah Health Agent untuk diri kita sendiri. Tidak sedikit sekarang remaja atau dewasa muda sudah menderita penyakit yang biasanya di derita oleh usia lanjut. Misalnya darah tinggi, diabetes mellitus (penyakit gula), kolesterol, stroke atau harus menjalani cuci darah di usia yang masih produktif. Miris bukan melihat dan mendengarnya, berangkat dari situlah saya mencoba menjalani hidup secara sehat, meskipun terasa susah karena godaannya begitu banyak.
Lalu usaha apa yang sudah dan sedang saya lakukan untuk menjalani hidup sehat, berikut beberapa kebiasaan yang bisa saya dilakukan untuk mulai menjalani gaya hidup sehat :
1.      Tidur yang teratur dan cukup
Tidur yang cukup tidak hanya baik untuk kesehatan tapi juga untuk kecantikan. Kurang tidur dapat menyebabkan penuaan dini. Tidur yang cukup yaitu sekitar 8 – 9 jam lamanya. Dengan tidur yang cukup ketika bangun badan akan terasa segar dan bersemangat sehingga menjalani rutinitas pun terasa menyenangkan. 

2.      Makan makanan yang sehat
Ini tidak lebih mudah dari begadang yang susah saya hindari, pola makan dan makanan saya selama ini sangat tidak sehat. Dulu berkali – kali saya terkena thypus dan harus menjalani rawat inap karena pola dan makanan saya tidak sehat. Saya tidak ingin terkena typus lagi dari situ saya bertekad menjaga pola dan makanan saya,  apa yang saya lakukan? Inilah beberapa poin yang saya lakukan :
a.       Makan makanan yang bersih dan sehat
b.      Makan lebih banyak sayuran dan konsumsi buah – buahan segar
c.       Hindari mkanan siap saji
d.      Hindari makanan yang dijual sembarangan
e.       Banyak minum air putih

3.      Jauhi dan hindari rokok
Sejak dulu saya memang selalu menghindari asap rokok. Karena saya pernah kena penyakit gangguan pada saluran pernafasan gara – gara sering kena asap rokok. Sekarang saya lebih menghindari lagi termasuk di tempat – tempat umum, saya cepat – cepat menutup hidung supaya tidak terisap asap rokoknya. Karena dengan kita sering menghisap asap rokok juga kita sudah termasuk dalam kategori perokok pasif. 

4.      Olah raga
Ini juga hal yang tidak mudah saya lakukan, dari dulu saya paling susah dan malas untuk berolah raga. Lambat laun saya berusaha dan berusaha meskipun hanya sebentar dan olah raga ringan yang saya lakukan.

5.      Positive Thinking
Dengan positive thinking, semua hal yang kita hadapi akan terasa ringan dan mudah. Yakin bahwa semua yang terjadi atas kehendakNya. Berprasangka baik tidak hanya membuat pikiran sehat, tapi juga tubuh kita juga akan terasa bugar terus.
Itulah beberapa hal yang saya terapkan dalam usaha menjalani pola hidup sehat. Dan untuk refferensi dalam nejalai pola dan gaya hidup sehat saya sering mencari informasi di nutrifood. Banyak informasi yang bisa saya dapatkan dari nutrifood.
.

post signature

Comments